Feeling Kang Emil: Strain Virus Baru Covid-19 dari India Telah Ada di Jawa Barat

- 15 Juni 2021, 21:35 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengumumkan larangan wisata ke Bandung Raya, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Raya dinyatakan masuk zona merah
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengumumkan larangan wisata ke Bandung Raya, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Raya dinyatakan masuk zona merah /Instagram @ridwankamil/

GALAJABAR - Penyebaran Covid-19 yang begitu cepat dan meluas di Jawa Barat memunculkan dugaan dari Gubernur Ridwan Kamil bahwa strain virus baru COVID-19 dari India atau delta, telah ada di wilayah Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan, strain virus baru Covid-19 dari India atau delta sudah ditemukan di Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

"Yang Bandung sedang dites genome-nya, hasilnya belum keluar," kata dia seusai Rapat Komite Percepatan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Makodam III/Siliwangi Kota Bandung, Selasa 15 Juni 2021. 

Baca Juga: Politisi Demokrat Ini Sebut KPK Rusak Sejak Abraham Samad Menjabat dan Ingin Jadi Wapres Jokowi

"Per hari ini belum ada data. 'Feeling' saya sih ada ya (COVID-19 varian Delta di Jabar), tapi harus kita tunggu secara keseluruhan,"  tambah Kang Emil panggilan akrab Ridwan Kamil.

Ia mengimbau warga Jabar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dalam mengantisipasi serangan Covid-19 varian delta dari India.

 Selain itu, Kang Emil juga mengimbau warga Jabar tetap tenang menyikapi adanya strain virus baru Covid-19 dari India atau delta tersebut dan harus tetap disiplin menerapkan prokes.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Pemkot Cimahi Putuskan Memperpanjang PPKM

"Kalaupun ada (Covid-19 varian Delta asal India menjangkiti warga Jabar), jawabannya sama saja, hanya prokes 5M, kedisiplinan dan persiapan karena daya mematikannya tidak terlalu tinggi," ujarnya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah