Menatap Pulihnya Kembali Sektor Pariwisata, Homestay di KBB Mulai Berbenah

- 2 September 2021, 11:34 WIB
Pembukaan pelatihan pengolaan homestay wisata Kabupaten Bandung Barat di The Radiant Villas Lembang, Rabu 1 September 2021
Pembukaan pelatihan pengolaan homestay wisata Kabupaten Bandung Barat di The Radiant Villas Lembang, Rabu 1 September 2021 /Dicky Mawardi/Galajabar/

GALAJABAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat menggelar kegiatan pelatihan pengelolaan homestay yang melibatkan sejumlah stakeholder.

Kegiatan yang didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik APBN Tahun Anggaran 2021 ini berlangsung di Radiant Villas & Function Lembang, Kabupaten Bandung Barat selama tiga hari dari tanggal 1-3 September 2021.

Ketua Panitia Penyelenggara, David Oot mengatakan kegiatan pelatihan pengelolaan homestay merupakan hasil kerja sama Pemkab Bandung Barat dengan Kemenparekraf/Baparekraf.

Baca Juga: Cara Membuat Cimol yang Gurih dan Resepnya

"Tujuan dari kegiatan ini memberikan pemahaman serta pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola homestay yang baik. Sehingga wisatawan merasa nyaman ketika berada di destinasi tersebut atau lebih dikenal dengan sapta pesona (7 pesona) yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah  dan kenangan," kata David di Lembang, Kamis 2 September 2021.

Ia mengungkapkan, kegiatan pelatihan ini diikuti 40 peserta yang berasal dari unsur pengelola homestay, kelompok sadar wisata dan komunitas pariwisata.

David berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kepariwisataan, meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengelolaan homestay.

Baca Juga: Soal Kasus Lili Pintauli, Mardani: Dewas Harus Lebih Serius Lihat Hubungan Pimpinan dan Koruptor!

Di samping itu, lanjutnya, juga dapat memperbaiki kualitas pelayanan kepariwisataan dan diharapkan bisa membawa perubahan pada wajah destinasi wisata.

"Selama lebih dari setahun Pandemi Covid-19 berlangsung, secara otomatis berpengaruh besar terhadap homestay. Oleh karena itu, melalui kegiatan pelatihan semacam ini bisa memberikan penyegaran bagi para pengelolanya. Sehingga begitu pandemi berlalu dan objek wisata dibuka kembali, homestay sudah siap menerima wisatawan," jelas David yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Kepariwisataan di Disparbud KBB.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah