Ini 10 Prodi Paling Ketat pada SNMPTN UPI 2022, Mulai dari Manajemen, Ilmu Komunikasi, hingga Arsitektur

- 31 Maret 2022, 10:30 WIB
Konferensi Pers Penerimaan mahasiswa UPI jalur SNMPTN 2022 di Kampus UPI, Bandung.
Konferensi Pers Penerimaan mahasiswa UPI jalur SNMPTN 2022 di Kampus UPI, Bandung. /Humas UPI

GALAJABAR - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menerima calon mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 3.038 peserta dari total 125 perguruan tinggi negeri.

Pada seleksi ini, ada 10 program studi yang pendaftarnya cukup ketat. ke-10 prodi tersebut adalah Manajemen, Ilmu Komputer, Psikolog, Akuntansi, Gizi, Ilmu Komunikasi, Bimbingan dan Konseling, Ilmu Pengetahuan Agama Islam, dan Arsitektur.

Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru Direkrotat Pendidikan UPI, Dr. rer.nat. Ahmad Muzakir, M.Si mengatakan Program Studi S1 Manajemen UPI merupakan Program Studi Peringkat ke-6 dari 10 Program Studi Terketat dari Kelompok Soshum dengan Angka Keketatan 1,36 persen.

Baca Juga: Dua Oknum Pegawai BPK Perwakilan Jabar Terjaring OTT, Kajari Bekasi Ungkap Kronologi Penangkapannya

"Di UPI pada jalur SNMPTN ini ada 10 prodi yang angka keketatannya cukup tinggi," ungkap Ahmad, Kamis 31 Maret 2022.

Selain itu, Ahmad menambahkan, pelamar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) UPI yang lulus melalui SNMPTN 2022 sebanyak 849 peserta. 

"KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi," jelasnya. 

Baca Juga: Bruce Willis Pensiun dari Dunia Akting Karena Afasia, Kok Bisa? Ini Penjelasan dan Profil Singkat Sang Aktor

Dikatakan, calon mahasiswa baru yang lulus SNMPTN dan memiliki Kartu Pendaftaran KIP-K tidak langsung dinyatakan sebagai penerima KIP-K, tetapi harus melalui tahapan seleksi administrasi dan verifikasi untuk menentukan kelayakan menggunakan KIP-K. Mahasiswa KIP-K akan ditetapkan dengan Keputusan Rektor UPI.

Menurutnya, verifikasi data Calon Mahasiswa akan dilakukan secara daring oleh Petugas Direktorat Pendidikan pada tanggal 30-31 Mei 2022 melalui Hasil Pengisian Biodata, Unggahan Surat Pernyataan dan Laporan Pembayaran Biaya Pendidikan yang diterima dari Direktorat Keuangan UPI. ***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah