Pameran Seni Internasional Digelar di Bandung, Karya Lukis Rudy Harjanto Mencuri Perhatian

- 17 Juni 2022, 20:50 WIB
Nuansa Rupa International Contemporary Art Exhibition, digelar di Bandung dari 14-28 Juni 2022.
Nuansa Rupa International Contemporary Art Exhibition, digelar di Bandung dari 14-28 Juni 2022. /Istimewa/

GALAJABAR - Pameran seni tingkat internasional, Nuansa Rupa International Contemporary Art Exhibition, digelar di Bandung. Salah satu yang menarik perhatian adalah karya lukis dari Prof. Dr. Rudy Harjanto.

Pada pagelaran yang dilaksanakan dari 14-28 Juni 2022 di Gastro Market Bandung Grand Central ini, Prof. Rudy menampilkan dua karya menawan yang menggunakan Teknik Lukisan Kaca Cirebon.

Teknik ini merupakan seni lukis yang menggunakan media kaca dengan cara melukis dilakukan terbalik atau melukis di bagian belakang. Sementara hasil lukisannya bisa dilihat dari bagian depan. 

Baca Juga: Bandung West Java Food & Beverage Expo 2022, Upaya Tingkatkan Ekspor Produk UMKM

Istilah lain yang digunakan untuk merujuk pada seni lukis dingin dan penyepuhan di bagian belakang kaca adalah verre églomisé, dinamai dekorator Prancis Jean-Baptiste Glomy (1711–86), yang membingkai cetakan menggunakan kaca yang telah dicat terbalik.  

Mengambil objek bunga matahari, karya pertama diberi judul 'Persahabatan.' Pada karya dengan akrilik dan pewarnaan akrilik dengan ukuran 62 cm x 82 cm tersebut, Prof. Rudy memperlihatkan lukisan bunga matahari mekar yang selalu bergerak mengikuti arah matahari.

Hal ini melambangkan makna kepatuhan serta kesetiaan tanpa pernah menunjukkan pembangkangan. 

Karya Lukis Rudi Harjanto.
Karya Lukis Rudi Harjanto.

"Bunga matahari membawa kegembiraan murni yang mengantarkan makna-simbol umur panjang dan keberuntungan, hidup penuh vitalitas dan kelimpahan kecerdasan, merujuk kepada sebuah sebuah persahabatan yang abadi," papar Rudy, dalam siaran pers yang diterima Galajabar di Bandung, Jumat 17 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Ziyan Muhammad Nasyith


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah