Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Telkom, Gelar Pelatihan Digitalisasi Data dan Pemberdayaan Dasawisma

- 24 Juni 2022, 19:46 WIB
Ilustrasi. Universitas Telkom melalui Fakultas Ilmu Terapan Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Ilustrasi. Universitas Telkom melalui Fakultas Ilmu Terapan Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. /Dok. Telkom/

GALAJABAR - Dosen Universitas Telkom Fakultas Ilmu Terapan Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yang biasanya dilaksanakan secara ruti tiap semester.

Yuyun Siti Rohmah, S.T., M.T., selaku Ketua tim pengabdian masyarakat yang juga merupakan dosen program studi D3 Teknologi Telekomunikasi, menyampaikan bahwa pada kegiatan ini dilaksanakan Pelatihan Digitalisasi Data dan Pemberdayaan Dasawisma untuk Ibu-Ibu PKK dan Kader Pos Yandu Mawar Sari 19 di Lingkungan RW 19 Bojongsoang.

Baca Juga: Memaknai Hari Bidan Nasional 2022, Perjuangan Menyelamatkan Ibu dan Generasi Penerusnya

Kegiatan tersebut dalam rangka memudahkan para kader dalam pembuatan update laporan yang diserahkan ke kelurahan.

"Pengembangan Sumber daya manusia melalui kegiatan PKM untuk para kader Dasawiswa, PKK, dan Pos Yandu ini sangat diperlukan mengingat pentingnya peran para kader tersebut terhadap lingkungan sekitar," ujar Yuyun.

Yuyun menambahkan pengembangan SDM tersebut salah satunya adalah pengembangan keahlian administrasi yang bisa dilakukan dengan cara pemberian pelatihan digitalisasi update data warga yang meliputi data jumlah penduduk, kondisi rumah, kesehatan anggota keluarga, data ibu hamil & menyusui, data balita, dan data peserta keluarga berencana (KB).

Baca Juga: Dokter WIF Berbagi Tips Aman Pencegahan Penularan PMK Terhadap Hewan Ternak, Simak Selengkapnya

"Digitalisasi data tersebut menggunakan perangkat lunak yang mudah digunakan oleh para kader tersebut. Metode pelatihan dibagi menjadi dua kategori, yaitu Informational method yang berupa pemberian teori mengenai Software-software apa saja yang bisa digunakan, dan Practical method yang berupa praktek penggunaan perangkat lunak untuk memasukan data," ungkap Yuyun.
 
Kegiatan PKM ini dilaksanakan  pada tanggal 9 Juni 2022 bertempat di Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom jalan Telekomunikasi no.1  Terusan Buah batu Bandung.

Baca Juga: Pendapatan Menurun pada Kuartal Pertama 2022, Netflix kembali PHK Ratusan Karyawan

Halaman:

Editor: Ziyan Muhammad Nasyith


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah