Harga Cabai di Pasar Tradisional Kota Cimahi, Termurah Rp80 Ribu Termahal Rp100 Ribu Per Kg

- 26 Juni 2022, 17:28 WIB
Harga beberapa jenis cabai di Pasar Tradisional Kota Cimahi masih tinggi, dipicu minimnya pasokan, akibat hujan yang terjadi di sebagian wilayah saat ini.
Harga beberapa jenis cabai di Pasar Tradisional Kota Cimahi masih tinggi, dipicu minimnya pasokan, akibat hujan yang terjadi di sebagian wilayah saat ini. /Laksmi Sri Sundari/Galajabar/

GALAJABAR - Harga beberapa jenis cabai di Pasar Tradisional Kota Cimahi masih tinggi. Hal itu dipicu minimnya pasokan, akibat hujan yang terjadi di sebagian wilayah saat ini.

Berdasarkan pantauan di Pasar Atas Baru Jalan Kolonel Masturi, Minggu 26 Juni 2022 beberapa jenis cabai yang mengalami kenaikan di antaranya cabai rawit merah, cabai keriting merah, dan cabai tanjung. Tingginya harga beberapa jenis cabai ini sudah berlangsung selama sebulan terakhir.

Seperti yang diungkapkan Idris (46), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Atas Baru. Menurutnya, cabai rawit merah saat ini masih dijual dengan harga Rp 100.000/kg dari asalnya Rp 60.000/kg, cabai keriting merah Rp 90.000/kg dari asalnya Rp 40.000/kg, dan cabai tanjung dari asalnya Rp 40.000/kg menjadi Rp 80.000/kg.

Baca Juga: Hanya 4 Hari Rilis di Korea, Top Gun: Maverick Catatkan 1 Juta Penonton

"Kenaikannya sudah berlangsung selama satu bulan, belum ada penurunan lagi," ungkapnya.

Menurut Idris, penyebab kenaikan harga sejumlah komoditas cabai karena faktor cuaca.

"Cuacanya banyak hujan, jadi pada gagal panen. Ya akibatnya pasokan berkurang, dan harga pun mahal," katanya.

Ia pun memperkirakan harga cabai masih akan bertahan, mengingat kondisi cuaca yang masih terjadi hujan.

Baca Juga: Tempat Keramat, Telaga Biru Tidak Diizinkan Menjadi Objek Wisata

"Ditambah lagi mau menghadapi Hari Raya Iduladha. Tapi mudah-mudahan aja pasokannya banyak ya, jadi bisa bertahan," terang Idris.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah