Menaker Ida Fauziyah Sebut BLK Komunitas Sarana Penting Tingkatkan Kompetensi SDM

- 20 Agustus 2023, 06:13 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat melakukan swafoto bersama ibu ibu
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat melakukan swafoto bersama ibu ibu /kemnaker

GALAJABAR - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan akan terus membangun Balai Latihan Kerja Komunitas. Hal tersebut sebagai komitmennya dalam meningkatakan kompetensi SDM Indonesia.

"Kemnaker akan terus membangun BLK Komunitas karena BLK Komunitas ini menjadi salah satu sarana penting dalam meningkatkan kompetensi SDM Indonesia," kata Menaker pada acara Sosialisasi BLK Komunitas di Jakarta pada Sabtu 19 Agustus 2023.

Menaker mengemukakan, sejak 2017 hingga akhir 2022, Kemnaker telah membangun 3.757 BLK Komunitas di seluruh wilayah Indonesia dengan kapasitas peserta pelatihan sebanyak 225.420 orang. Selanjutnya Kemnaker akan membangun 500 BLK Komunitas pada 2023 yang 19 di antaranya di Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: Akses Tol Gedebage KM 149 Kembali Dibuka, Plh Wali Kota: Kita Sangat Mendukung

"Kemnaker tidak hanya membangun gedung workshop, tetapi juga penyediaan alat-alat penunjang pelatihan, penyiapan calon instruktur, dan pengelola serta program pelatihan," ucapnya.

Ia berharap, dengan semakin banyak BLK Komunitas yang dibangun, akan semakin banyak pula SDM Indonesia yang memiliki kompetensi. Ia menyebut kompetensi sangat dibutuhkan di era sekarang ini.

"Lulusan dari BLK Komunitas ini bisa jadi pekerja, bisa juga jadi wirausaha. Tapi prinsipnya, mereka memiliki keterampilan dan kompetensi," ucapnya.

Ia menambahkan, dengan banyaknya SDM yang memiliki kompetensi, maka peluang untuk meraih Indonesia Emas pada 2045 pun sangat besar. Dengan begitu, Indonesia siap menjadi salah satu negara maju.

Baca Juga: Kemnaker Gelar Sosialisasi Penerapan Ergonomi dan Pemeriksaan Kesehatan bagi Tenaga Kerja UMKM

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah