Cegah Pungli di Lingkungan Pendidikan, SMK 3 Bandung Luncurkan Website Gerecep Simanis Cadisdik 7

- 15 Oktober 2020, 20:11 WIB
Kepala Bidang Operasi Satgas Saber Pungli Jawa Barat (Jabar), Harso Pudjohartono /Humas Disdik Jabar

GALAJABAR - Masih terdengar adanya pungutan liar di lingkungan pendidikan, ternyata menjadi inspirasi tersendiri bagi SMK 3 Bandung untuk melakukan pencegahan.

Satu langkah di antaranya dengan menggelar "Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar di Satuan Pendidikan" bersama Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah VII.

Lebih hebatnya lagi untuk mempercepat penanganan aksi pungutan liar tersebut, SMK 3 Bandung memfasilitasinya melalui Website "Gerecep Simanis Cadisdik 7" yang diluncurkan bersamaan acara sosialisasi tersebut di Aula SMK 3 Bandung, Jalan Solontongan No. 10, Kota Bandung, Kamis 15 Oktober 2020.

Baca Juga: Seorang Anak di Cimahi Disengat Tawon , Korban Harus Ditangani Medis

Dikutip dari laman resmi Disdik Jabar, Kepala Bidang Operasi Satgas Saber Pungli Jawa Barat (Jabar), Harso Pudjohartono yang hadir dalam sosialisasi tersebut mengatakan, penyebab terjadinya pungli secara umum karena adanya ketidakpastian pelayanan, seperti prosedur  yang panjang dan melelahkan.

Sehingga, masyarakat menyerah ketika berhadapan dengan pelayanan publik yang korup. Termasuk di bidang pendidikan.

Selain itu, menurut Harso, masyarakat harus diedukasi dalam bentuk kampanye publik agar tidak memberikan tips kepada petugas pelayanan dan mau mengantre untuk mendapatkan pelayanan.

Baca Juga: Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Bali Terus Meningkat

“Mari kita senantiasa membiasakan yang benar, jangan membenarkan yang biasa,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Wahyu Budiantoro


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X