Ahli Prediksi Indonesia Jadi Negara Terakhir Keluar dari Covid-19, PD: Kebijakannya Masih Nego Sama Buzzer

- 29 Juli 2021, 22:39 WIB
Dicky Budiman, Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia.
Dicky Budiman, Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia. /

GALAJABAR – Lonjakan kasus Covid-19 masih terus terjadi di Tanah Air hingga saat ini. Bahkan Ahli epidemiologi dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman memprediksi Indonesia akan menjadi negara terakhir yang keluar dari pandemi Covid-19 dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Dicky menjelaskan, prediksi tersebut muncul sebab kasus Covid-19 di Indonesia telah menyebar ke seluruh provinsi. Selain itu, strategi pemerintah untuk mengendalikan pandemi masih belum agresif dan ideal.

“Kenapa saya memprediksi Indonesia jadi paling akhir keluar dari pandemi? Karena kalau kita melihat ada beberapa faktor dari geografis dan pengendalian 3T-nya,” kata Dicky saat dihubungi, Kamis, 29 Juli 2021.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 30 Juli 2021: Bukti Lain Ditemukan, Nino Minta Katerine untuk Memberi Kesaksian

Ahli satu ini memaparkan, terdapat dua faktor yang menjadi indikasi Indonesia sulit keluar dari pandemi virus tersebut.

Pertama, Indonesia adalah negara kepulauan. Dia mengatakan dengan kondisi itu, sangat mudah tercipta fenomena penyebaran kasus Covid-19.

Sebagai contoh dia menjelaskan, seperti puncak kasus di akhir Januari 2021 lalu. Saat itu kasus didominasi oleh Jawa-Bali. Namun, 1-2 bulan kemudian, kasus-kasus Covid-19 di Pulau Sumatra mulai mengalami peningkatan.

Baca Juga: Yan Permenas: Cara Pengamanan oleh 2 Oknum POM AU Coreng Nama Baik TNI dan Wajah Negara Dihadapan Orang Papua

“Pulau lain sekarang akan meningkat, mungkin Agustus sudah mulai terlihat. Nanti gelombangnya secara nasional akan turun dan naik, itu akan bergelombang-gelombang,” ujarnya.

Faktor kedua, kata dia, karena strategi testing, tracing, treatment (3T) pemerintah masih belum agresif serta massif. Padahal pandemi Covid-19 sudah menjangkiti Indonesia dalam 16 bulan terakhir.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah