Pelaku IKM Didorong Mengoptimalkan Penjualan Produknya Melalui Pemasaran Online

- 15 Januari 2022, 18:26 WIB
Eboni Watch Produk IKM Asal Jawa Tengah.
Eboni Watch Produk IKM Asal Jawa Tengah. /Istagram/eboniwatch/

GALAJABAR - Dampak dari banyaknya pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19, menyebabkan terjadinya perubahan perilaku belanja masyarakat, sehingga penjualan produk secara online menjadi peluang yang perlu dioptimalkan.

Dari kondisi tersebut, pemerintah terus berupaya agar para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) dapat meningkatkan penjualannya di tengah situasi pandemi, khususnya memasarkan produk-produknya melalui pasar digital atau online. 

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA), Reni Yanita mengatakan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyelenggarakan berbagai program pembinaan dan pendampingan kepada para pelaku UKM.

Menurut Reni, para pelaku IKM ini bisa menjadi bagian dari rantai pasok industri di dalam negeri maupun lokal.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dorong Desa Wisata Maksimalkan Inovasi Produk Pariwisata untuk Ciptakan Lapangan Kerja

"Sejumlah program strategis tersebut di antaranya melalui link & match atau kemitraan dengan industri skala besar dan BUMN. Membangun ekosistem digital dengan masuk ke dalam platform marketplace dan melalui pengadaan barang pemerintah dan BUMN," terang Reni, dikutip Galajabar dari situs resmi Kemkominfo, Sabtu 15 Januari 2022.

Reni menjelaskan, guna menggencarkan digitalisasi pemasaran produk IKM nasional, Kemenperin melalui Ditjen IKMA telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Ina Produk Indonesia (Inaproduct.com), untuk menyediakan platform digitalisasi data IKM melalui Direktori Produk Indonesia.

Ruang lingkup kerja sama Kemenperin dan Ina Produk meliputi penyediaan dan pertukaran data dan informasi, digitalisasi data IKM, serta peningkatan kapasitas SDM serta usaha IKM melalui pelatihan, bimbingan teknis, pendampingan, serta fasilitasi promosi dan pemasaran. 

“Nantinya, Ina Produk dan Kemenperin akan bersama-sama mengidentifikasi potensi IKM, dan meningkatkan promosi serta akses pemasaran di dalam dan luar negeri,” ungkap Reni.

Halaman:

Editor: Ziyan Muhammad Nasyith


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network