Sambal Ulek Terasi Khas Indonesia Digemari Orang Amerika

- 16 Oktober 2020, 20:46 WIB
Bahan baku sambal di atas ulekan. /Linna Syahrial/Linna Syahrial


GALAJABAR - Masakan tradisional Indonesia kaya akan rasa dan ragamnya, serta memiliki potensi sebagai kuliner internasional sehingga tidak hanya dinikmati masyarakat lokal saja.

"Bahkan seorang chef terpopuler di dunia Gordon Ramsay yang sengaja belajar masak rendang langsung ke Padang Sumatera Barat pada chef senior Indonesia William Wongso," kata praktisi luliner "Chef" Ryhan Dhira dalam diskusi virtual dengan tema Peduli Pangan Series: World Food Day 2020 Get To Know Local and Traditional Food yang dipantau di Jakarta, Jumat.16 Oktober 2020.

Menurutnya, hal itu membuktikan bahwa makanan tradisional Indonesia memiliki potensi besar untuk menembus pasar kuliner internasional.

Baca Juga: Polres Cimahi Dinilai Miliki Dedikasi Cegah Penyebaran Covid-19

"Tidak hanya untuk rendang, sejumlah masakan Indonesia lainnya juga sudah terkenal di luar negeri," ujarnya seperti dikutip galajabar dari Antara, Jumat 16 Oktober 2020.

Ia memberikan contoh, tempe yang terkenal di Prancis. Selain itu, di setiap restoran Indonesia yang tersebar di berbagai negara terdapat menu-menu wajib yang selalu dihidangkan termasuk telur balado, soto, mi dan sebagainya.

"Malah sambal ulek terasi di Amerika dijadikan sebagai pendamping dari makanan tertentu di sana," ujarnya.

Baca Juga: Bambang Widjojanto Sebut Pembelian Mobil Dinas Pimpinan KPK Sesat Paradigmatis

Sementara itu, terkait keberadaan makanan lokal atau tradisional di Indonesia sendiri, ia menilai sudah ada beberapa restoran yang menjadikannya sebagai brand misalnya di Bali.

Termasuk pula restoran nona manis yang tersedia di sejumlah mall di Tanah Air yang merupakan salah satu contoh bagaimana makanan tradisional atau lokal disajikan dengan cara yang lebih bagus.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X