Mau Tahu Menghadapi Lingkungan yang Dipenuhi Toxic People ? Ini Dia Caranya

- 15 Januari 2021, 21:24 WIB
Ilustrasi Toxic People
Ilustrasi Toxic People /

GALAJABAR - Mungkin kamu-kamu akrab dengan istilah Toxic People? Yaps Toxic People adalah satu istilah bagi mereka yang "beracun" atau sifat pribadi yang suka menyusahkan atau merugikan orang lain baik secara fisik atau emosional. 

Mereka yang disebut Toxic People biasanya dianggap memberikan sesuatu yang negatif terhadap lingkungannya. 

Ciri yang sering dijumpai dari Toxic People ini adalah tidak merasa bahagia atau tidak menyukai kebahagiaan orang lain sehingga membuat tidak nyaman dan penuh drama.

Baca Juga: PP Turunan UU Cipta Kerja Mengancam Perda di Kota Cimahi

Tentu saja hal ini dapat merusak suasana hati karena biasanya ucapan dari mereka yang toxic akan membuat kamu sakit hati.

Nah hal seperti itu bisa menebarkan pengaruh buruk bagi mereka yang ada dalam lingkungannya.

Apakah kamu salah satunya yang sedang ada di lingkungan Toxic People? Bagaimana cara mengatasi Toxic People?

Baca Juga: Keterlaluan ! Ratusan Komputer Milik SMP di Kabupaten Cianjur Digondol Maling

Berikut adalah cara mengatasinya yang dirangkum galajabar dari berbagai sumber: 

1. Batasi Komunikasi
Jika kamu ada lingkungan toxic ada baiknya kamu batasi komunikasi dengan mereka. Kenapa? Mereka yang Toxic biasanya tidak ingin sendirian dengan apa yang mereka hadapi, mereka pasti akan membawa kamu tenggelam bersamanya.
 
 
Kamu bisa memilih hal mana yang akan kamu komunikasikan atau kamu batasi.  Maka dari itu cara ini akan membuat kamu lebih tenang dan nyaman. 

2. Tidak Peduli 
Mungkin kamu bukan tipe orang yang tidak peduli terhadap lingkunganmu, tetapi jika kamu berada bersama mereka yang Toxic , sikap tidak peduli bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih tidak peduli saat mereka mencari perhatian dengan melakukan hal yang membuat kamu tidak nyaman. 

3. Berani Katakan Tidak
Kamu perlu mengontrol diri kamu agar tidak melakukan hal yang sama dan menerima kemungkinan apa yang akan terjadi. Maka saat drama semakin menjadi-jadi kamu bisa katakan tidak untuk drama-drama toxic tersebut. 
 
Baca Juga: Thailand Open : Menang Susah Payah, Anthony Ginting Melaju ke Semifinal

4. Memilih pergi 
Memilih tetap berada di lingkungan penuh drama ya sah-sah saja.  Tapi jika kamu rasa sudah tidak bisa menoleransi drama-drama dalam lingkunganmu kamu bisa memilih pergi dari lingkungan Toxic tersebut. Ini bisa jadi jalan terakhir kamu jika cara lain sudah tidak berhasil. Dengan begitu kamu akan merasa tenang dan nyaman melakukan aktivitas tanpa drama lagi. 

Nah itulah beberapa di antara cara agar kamu bisa mengatasi toxic di lingkungan kamu. Tetapi jika kasus toxic yang kamu temukan tergolong parah, kamu bisa konsultasikan ke psikolog untuk mendapatkan solusinya. Semoga bermanfaat.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah