Mao Zedong, Pemimpin Revolusioner Tiongkok Meninggal, 9 September 1976

- 9 September 2021, 06:14 WIB
PEMERINTAH Tiongkok di bawah Xi Jinping menerapkan gaya kepemimpinan dan prosedur karantina ala Mao Zedong, pendiri Partai Komunis Tiongkok (PKT).*
PEMERINTAH Tiongkok di bawah Xi Jinping menerapkan gaya kepemimpinan dan prosedur karantina ala Mao Zedong, pendiri Partai Komunis Tiongkok (PKT).* /Kolase instagram/@realxijinping dan pixabay

GALAJABAR - Berikut adalah beberapa peristiwa besar yang terjadi pada 9 September:

1901 - Henri de Toulouse-Lautrec meninggal. Pelukis dan litografer Prancis, ia merekam karakter dari kabaret dan kehidupan malam Paris.

1976 - Ketua Mao Zedong, pemimpin revolusioner Tiongkok, meninggal. Dia memproklamasikan Republik Rakyat Cina pada tahun 1949 di Beijing. Ide-idenya dituangkan dalam "Buku Merah Kecil" yang dipelajari oleh puluhan juta orang selama Revolusi Kebudayaan Tiongkok.

1996 - Pemberontak Hutu membunuh uskup agung Katolik Roma di Burundi, Joachim Ruhuna, dalam sebuah penyergapan.

1999 - Sebuah ledakan besar menghancurkan blok apartemen tepi sungai di tenggara Moskow yang menewaskan 94 orang.

Baca Juga: Diminta Dirikan Parpol, PA 212 Malah Sebut PDIP Sarang Koruptor: Partai Mending Dibubarkan

2001 - Ahmad Shah Masood, komandan gerilya yang memimpin perang melawan Taliban yang berkuasa di Afghanistan, terluka ketika seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di kantornya di ujung utara Afghanistan. Dia meninggal karena luka-lukanya pada 14 September.

2002 - Di India, Rajdhani Express, menuju ke New Delhi dari kota timur Kalkuta, tergelincir di jembatan dekat Rafiganj di negara bagian Bihar menewaskan sedikitnya 126 dan melukai 200.

2003 - Keuskupan Agung Boston setuju untuk membayar hingga $85 juta untuk menyelesaikan tuntutan hukum yang diajukan oleh ratusan orang yang mengatakan mereka dilecehkan secara seksual oleh pendeta.

Baca Juga: Kuba Jadi Negara Pertama di Dunia yang Melakukan Vaksin Covid ke Anak-anak Usia 2-11 Tahun dengan Vaksin Lokal

2005 - Presiden Mesir Hosni Mubarak memenangkan masa jabatan enam tahun kelima dengan 88,6 persen suara yang diberikan dalam pemilihan presiden multi-kandidat pertama di negara itu dengan jumlah pemilih hanya 23 persen.

2009 - Dubai Metro dibuka, jaringan kereta perkotaan pertama di Teluk Emirat.

2015 - Ratu Elizabeth menjadi raja terlama di Inggris.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah