Presiden AS William McKinley Meninggal Akibat Luka Tembak, 14 September 1901

- 14 September 2021, 06:05 WIB
Ilustrasi duka cita.
Ilustrasi duka cita. /PIXABAY

GALAJABAR - Berikut adalah beberapa peristiwa besar yang terjadi pada 14 September:

1901 - Presiden AS William McKinley meninggal karena luka-lukanya setelah ditembak oleh seorang pembunuh pada 6 September. Dia digantikan oleh Theodore Roosevelt.

1937 - Thomas Masaryk, pemimpin revolusioner Ceko yang pada tahun 1918 menjadi presiden pertama negara itu, meninggal.

1975 - Di Amsterdam, lukisan Rembrandt yang tak ternilai "The Nightwatch" disayat oleh seorang guru yang menganggur dengan pisau.

1982 - Putri Grace dari Monaco meninggal di rumah sakit setelah kecelakaan mobil sehari sebelumnya. Sebelumnya aktris film Amerika Grace Kelly, ia muncul dalam film termasuk "High Noon", "Dial M for Murder" dan "High Society".

Baca Juga: Nitisemito, Raja Kretek Asal Kudus Diusulkan Menjadi Pahlawan

1982 - Presiden terpilih Lebanon Bashir Gemayel dibunuh dalam ledakan bom di markas partainya di Beirut Timur.

1996 - Raja Kamboja Norodom Sihanouk mengampuni pemimpin Khmer Merah Ieng Sary atas perannya di era "ladang pembantaian" tahun 1970-an.

1997 - Artis tali tegang Amerika Jade Kindar-Martin membuat rekor dunia dengan pemain Prancis Didier Pasquette saat mereka menyelesaikan jalan kaki 1000 kaki melewati satu sama lain di atas Sungai Thames.

2000 - Pejabat senior parlemen Cina Cheng Kejie dieksekusi karena menerima suap $5 juta. Dia adalah pejabat Tiongkok paling senior yang dieksekusi karena korupsi sejak 1949.

Baca Juga: Aktivis Senior Muhammadiyah: Hanya PKS dan Partai Ummat Parpol di Hati Rakyat Indonesia dan Umat Islam

2001 - Ansett, maskapai penerbangan terbesar kedua di Australia, kolpas, menyebabkan ribuan penumpang terdampar dan menempatkan 60.000 pekerjaan dalam bahaya.

2006 - Andrei Kozlov, seorang wakil ketua pertama Bank Sentral yang disegani, yang berjuang untuk membersihkan sistem perbankan Rusia yang keruh, meninggal karena luka tembak setelah disergap oleh para pembunuh dalam apa yang dikatakan polisi sebagai kontrak yang "telah dipukul". Dia berusia 41 tahun.

2007 - Ribuan pelanggan mengantri untuk menarik tabungan dari bank yang diperangi Northern Rock di Inggris.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah