7 Manfaat Oncom, Makanan Khas dari Jawa Barat: Bisa untuk Mengontrol Berat Badan Lho!

- 25 Oktober 2021, 18:00 WIB
oncom//Instagram/@infobandungkuliner/
oncom//Instagram/@infobandungkuliner/ /

GALAJABAR - Oncom adalah salah satu makanan yang diolah dengan cara fermentasi khas dari Jawa Barat. Proses fermentasinya diperoleh dari campuran kapang, yang dicampur dengan sisa bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas kedelai, atau ampas kelapa yang difermentasi hingga tahap spora.

Manfaat oncom bagi kesehatan tak kalah dengan makanan olahan kedelai lainnya. Oncom adalah salah satu makanan dengan kandungan gizi yang cukup lengkap. Dengan makan oncom, kamu akan mendapatkan protein, serat, karbohidrat, lemak, air, zat besi, kalium, serta natrium.

Lalu, apa manfaat oncom untuk kesehatan tubuh? Berdasarkan kandungan gizi tersebut, beberapa manfaat kesehatan pada oncom adalah:

Baca Juga: Sebut Harga Tes PCR di Bali Tembus Rp1,9 , Said Didu: Ada Pihak yang Berbisnis Di Balik Kekuasaan

  1. Mencegah perut kembung

Kamu gak perlu khawatir perut mu akan terasa kembung setelah makan oncom. Pasalnya, proses fermentasi oleh Neurospora sitophila dan kapang Rhizopus oligosporus dapat mencegah perut menghasilkan gas berlebih sehingga tidak mengakibatkan munculnya rasa kembung.

  1. Menyehatkan saluran cerna

Proses fermentasi yang dilakukan kapang membuat beberapa oligosakarida sederhana, seperti sukrosa, rafinosa, dan stakiosa menurun pesat. Rafinosa dan stakiosa inilah yang masih tinggi pada kedelai maupun kacang tanah serta bisa membuat Anda merasa mulas atau rasa tidak enak pada perut.

  1. Sumber energi

Kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi pada oncom adalah sumber energi yang baik dan aman bagi tubuh. Selain itu, kandungan gizi pada oncom juga baik untuk pertumbuhan jaringan tubuh pada janin.

Baca Juga: Soroti Ekspresi Wajah Menag Yaqut Soal Kemenag Hadiah untuk NU, Mustofa: Tak Ada Raut Guyonan, Ini Serius!

  1. Mengurangi kolesterol

Manfaat lain dari oncom adalah mengurangi kolesterol dan meningkatkan ekskresi steroid tinja. Kandungan serat pada oncom juga dapat merangsang produksi rantai pendek asam lemak oleh mikroflora usus sehingga kadar kolesterol dalam tubuh juga ikut berkurang.

Halaman:

Editor: Noval Anwari Faiz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah