Perupa Andi Sopiandi Gelar Pameran Tunggal: Dan Aku, Telah MenemukanMU

- 4 Juli 2022, 09:05 WIB
Perupa Andi Sopiandi Gelar Pameran Tunggal: Dan Aku, Telah MenemukanMU
Perupa Andi Sopiandi Gelar Pameran Tunggal: Dan Aku, Telah MenemukanMU /Kiki Kurbia/galamedia/


GALAJABAR - perupa asal Bandung, Andi Sopiandi menggelar pameran tunggal bertajuk “Dan Aku, Telah MenemukanMU”. Pameran digelar di Studio pribadinya di Jalan Cigadung Raya Barat Gg. Cipaheut Kidul No. 34 RT 02 – RW 03 Dago Bandung Kawasan Dago Bandung, 2-16 Juli 2022.

Pada pameran tunggalnya ini, Andi menggelar 15 karya bebagai ukuran dari ukuran besar hingga kecil. Inilah puncak Andi memberikan sajian karyanya yang monumental.

Karya ini merupakan hasil pilihan panjang perjalanan Andi selama menjadi pelukis. Dengan Tema “Dan Aku Telah MenemukanMU” adalah sebuah spiritual yang tinggi.

Baca Juga: Wow Murah Banget! Skuter Listrik Bugatti 9.0 Dijual Seharga Rp17,9 Juta

Kurator Pameran Aendra Medita mengatakan, Andi Sopiandi merupakan salah satu seniman lukis muda yang produktif aktif. Ia juga kerap berpameran di tanah air dan sejumlah negara di dunia.

Sosok Andi adalah seorang seniman sekaligus guru gambar sejumlah sanggar lukis.

“Konsistensi Andi dalam dunia seni telah mengantarkan dia ke tingkat yang lebih hakiki. Hal-hal yang bagi dia menekuni seni lukis dalam aliran apapun mampu ia kuasai," jelasnya.

"Karya kaligrafi yang sublim masuk tahap faktor kematangan usia, yang lebih menemukanNya yaitu Allah Yang Maha Kuasa,” imbuh Aendra.

Baca Juga: Paguyuban Pasundan Berharap Pemilu Sesuai Waktu dan Presiden Terpilih Jalankan CIta-cita Pendiri Bangsa

Karya Andi juga dapat memacu spirit baru bagi seluruh pelukis muda generasi selanjutnya. Ada konsisten dari perjalanan Andi dan memberikan kontribusi positif bagi nilai karyanya yang mumpuni.

“Sebagai pelukis Andi Sopiandi sangat kuat menangkap sebuah makna besar dari alam dan jiwa-jiwa, pun demikian dengan karya spiritualnya,” tambah Aendra.

Pada pameran kali ini yang sudah ia bayangkan awalnya datang dari spirit mengikuti Training Emotional and Spiritual Quotient (ESQ) Peduli Pendidikan Jawa Barat Angkatan 08 di Bale Asri Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung (13 – 15 Maret 2007).

Selama tiga hari pelatihan selalu diawali membacakan Asmaul Husna, saat itu terbayang ingin membuat karya lukisan tersebut dengan ukuran besar. Tak terasa belasan tahun berjalan dan ide itu belum juga tertuang di atas kanvas.

Baca Juga: Penyanyi Taylor Swift dan Aktor Joe Alwyn Dikabarkan Telah Bertunangan

“Hingga pada pertengahan Desember 2021, dalam keadaan sakit sudah satu minggu lebih yang seharusnya istirahat, justru lukisan Asmaul Husna akhirnya dibuat dan selesai,” ungkap Andi.

Pelukis Andi sangat menikmati proses menciptaan karyanya yang secara tidak langsung menjadi proses pemulihan sakit. Menulis atau membaca huruf Asmaul Husna menjadi obat.

Selain lukisan Asmaul Husna yang merupakan salah satu karya masterfiiece, ada juga lukisan lainnya.

Pameran lukisan tunggal karya kali ini berbeda gaya mulai dari lukisan kaligrafi, abstrak ekspresionis, hingga kolase, namun diambil benang merahnya tentang lukisan perjalanan religi.

Baca Juga: Bacaan Niat hingga Tata Cara Salat Idul Adha Secara Sendiri atau Berjamaah

"Hampir 16 tahun tidak berpameran tunggal ada kerinduan yang mendalam. Selama itu juga ada pencarian untuk mempelajari hingga mendatangi beberapa tempat galeri-galeri atau museum seni rupa di dalam dan luar negeri sebagai jelajah referensi,” ungkap Andi.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah