Apa Itu Istilah 'Hangry' saat Lapar, Simak Penjelasan Lengkapnya

- 22 Juli 2022, 20:30 WIB
Ilustrasi hangry
Ilustrasi hangry /Foto oleh Tim Samuel: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-wanita-makan-siang-meja-6697286/

GALAJABAR - Mungkin di antara kita ada yang pernah menahan rasa lapar saat waktu-waktu genting. Namun, jangan salah, ternyata menjadi lapar membuat orang mudah marah, dan kondisi yang disebut dengan hangry!

Istilah hangry merupakan penggabungan dari dua kata dalam bahasa inggris, yakni hungry yang berarti lapar, dan hangry yang berarti marah.

Hangry sering digunakan untuk menggambarkan suatu fenomena, di mana seseorang akan menjadi mudah marah saat lapar.

Pada dasarnya, seseorang yang mengalami hangry bukan berarti ia memiliki sifat yang emosian dan pemarah. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, bahkan oleh seseorang yang sangat penyabar.

Baca Juga: Cha Eun Woo Kunjungi Jakarta Besok, Penggemar Dibuat Tak Sabar

Apa Penyebab Hangry?

Dilansir dari Huffington Post, Paul Currie, seorang pakar perilaku nafsu makan sekaligus profesor psikologi di Reed College, mengungkapkan bahwa rasa lapar dapat mengubah seseorang menjadi sangat emosional, sehingga timbul perasaan stres, cemas, dan gelisah.

Hal ini bisa terjadi karena makanan adalah sumber energi utama bagi tubuh. Setiap makanan yang dikonsumsi akan dicerna dan diubah menjadi glukosa yang kemudian mengalir ke dalam aliran darah beserta nutrisi lain guna menyuplai energi bagi setiap sel dan jaringan tubuh. Glukosa sendiri merupakan makanan utama bagi otak.

Hangry sebenarnya merupakan reaksi alami dari tubuh yang mengisyaratkan dirimu sudah saatnya makan lagi. Pasalnya, dari semenjak terakhir kali Kamu makan, jumlah nutrisi dan glukosa yang tersimpan akan mengalami penurunan. Nah, saat otak tidak lagi menerima cukup aliran darah bernutrisi, otak akan menganggap situasi tersebut sebagai situasi yang mengancam. Ini karena otak hanya mengandalkan glukosa untuk bisa tetap bekerja.

Halaman:

Editor: Ziyan Muhammad Nasyith


Tags

Terkait

Terkini

x