Bolehkah Penderita Diabetes Puasa? Ini Jawaban Dokter Spesialis

- 20 Maret 2023, 19:16 WIB
Ilustrasi penderita diabetes melakukan puasa Ramadhan.
Ilustrasi penderita diabetes melakukan puasa Ramadhan. /Freepik/

GALAJABAR - Penderita diabetes masih bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2023. Namun demikian ada hal yang perlu diperhatikan penderita diabetes tersebut.

Dokter spesialis penyakit dalam divisi endokrin, metabolik dan diabetes Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr. Ardy Wildan Sp.PD menuturkan, umat muslim yang menderita diabetes, tetap bisa berpuasa dengan memperhatikan risiko dan berkonsultasi dokter.

"Sebelum pasien itu mulai berpuasa idealnya 6 sampai 8 minggu sebelumnya kita hitung risikonya, kita nilai seberapa risiko pasien itu menjalankan puasa dari siklus sedang, berat, maupun sangat berat," ucapnya dalam diskusi melalui live Instagram RSCM, Senin 20 Maret 2023.

Baca Juga: GRATIS DOWNLOAD Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2023 Format PDF Klik Langsung di Sini

Bagi penderita diabetes, lanjutnya, sebelum memasuki bulan Ramadhan, pasien diedukasi untuk berpuasa Senin dan Kamis agar terbiasa. Pasien juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter untuk menyesuaikan dosis obat diabetes yang akan dikonsumsi berpuasa.

Menurut penelitian yang disampaikan Ardy, puasa memiliki banyak manfaat, terutama untuk penderita diabetes. Sebab dengan puasa, gula darah bisa dikontrol dibandingkan pada waktu tidak berpuasa.

Namun para pasien dengan diabetes juga harus tetap memperhatikan risiko yang patut diwaspadai ketika tetap ingin menjalankan ibadah puasa, yaitu hipoglikemia atau kekurangan gula dan hiperglikemia atau kelebihan gula.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah