Mengenal Haman, Sosok Jenius Pembangun Piramida Mesir Kuno yang Diperintah Firaun

- 25 Maret 2023, 14:10 WIB
/Pixabay/The Digital Artist/

 

GALAJABAR - Inilah kisah Haman, sosok arsitek jenius yang membangun piramida atas perintah Firaun Ramses II yang berkuasa di zaman Nabi Musa as. Piramida merupakan salah satu situs bersejarah yang termasuk dalam 7 keajaiban dunia, misteri pembuatannya masih menjadi perdebatan sampai kini.

Jumlah piramida mesir kuno sekitar ratusan buah yang terdiri dari ukuran kecil, sedang dan besar tersebar di seluruh jazirah Mesir. Piramida Giza merupakan piramida terbesar yang berfungsi sebagai monumen dan makam para raja Mesir kuno.

Konon jasad Raja Mesir yang sudah meninggal dunia diawetkan dengan cara dimumifikasi beserta harta-harta peninggalannya.

Seorang sejarawan kuno Herodotus berpendapat bahwa sebuah piramida dibangun oleh ribuan budak yang dipaksa bekerja oleh Firaun pada masa Ramses II.

Namun pendapat Herodotus tersebut dibantah oleh para ilmuwan modern bahwa pembuatan sebuah piramida dikerjakan oleh ahli batu sekitar 20.000 sampai 30.000 orang jadi bukan oleh para budak.

Dilansir GALAJABAR dari kanal YouTube Jazirah Ilmu pada Sabtu, 25 Maret 2023 bahwa sosok jenius dibalik pembuatan sebuah piramida adalah seorang arsitektur kuno bernama Haman.

Baca Juga: Tips Puasa Ramadhan 2023 untuk Penderita Maag dan GERD Menurut dr Vania Utami

Nama Haman disebutkan dalam AlQuran sebanyak 6 kali, Allah SWT berfirman:

Halaman:

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah