Arti Kata Ketupat dan Lebaran yang Jarang Diketahui

- 19 April 2023, 17:50 WIB
Ilustrasu ketupat yang biasa disajikan saat lebaran.
Ilustrasu ketupat yang biasa disajikan saat lebaran. /Instagram @sajianselera/

GALAJABAR - Menjelang tibanya lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 hijriah, umat Islam di Indonesia pada khususnya, mulai menyiapkan makanan yang biasa disantap oleh keluarga.

Makanan khas lebaran yakni ketupat yang biasa menjadi teman dari opor ayam serta sejumlah masakan lain yang khas. Tak cuma ketupat dan opor ayam, lebaran juga identik dengan kue-kue kering.

Momen lebaran memang menjadi spesial, karena biasanya berisi 'ritual' bersilaturahmi dengan tetangga dan saudara hingga mudik ke kampung halaman untuk bertemu keluarga dan teman. Tentu saja tak boleh ketinggalan adalah mengikuti sholat id pada pagi harinya.

Baca Juga: One Way Tol Cipali-Kalikangkung Semarang Diperpanjang hingga 20 April 2023 Dini Hari

Nah, kembali ke soal makanan, tentu saja banyak sajian yang dihidangkan pada momen lebaran. Yang pasti, lebaran di Indonesia terasa belum lengkap tanpa ketupat. Ketupat merupakan hidangan khas Asia Tenggara berbahan dasar beras yang dibungkus dengan selongsong anyaman daun kelapa (janur).

Biasanya ketupat dibuat dengan bentuk kepal dan jajaran genjang. Untuk membuat ketupat perlu janur berkualitas yang ukuran panjangnya cukup, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua juga.

Sebenarnya, ketupat juga lazim dijumpai di Malaysia, Singapura dan Brunei. Biasanya, ketupat ini disajikan dengan opor ayam, rendang dan masakan bersantan dari masing-masing daerah.

Baca Juga: Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah Tingkat Jawa Barat Dipusatkan di Masjid Al Jabbar

Sejarah ketupat

Nikmat disajikan dengan menu berkuah, ketupat ternyata memiliki sejarah dan asal-usulnya sebelum menjadi menu wajib Lebaran.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah