Cukup Bayar dengan Sampah untuk Bikin SIM dan SKCK di Polresta Cirebon

- 5 September 2023, 18:03 WIB
Ilustrasi pembuatan SIM.
Ilustrasi pembuatan SIM. / Dok. Polri/

GALAJABAR - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon melakukan langkah inovasi dengan memberikan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dengan sistem pembayaran menggunakan sampah plastik dalam rangka mendukung program lingkungan hidup.

"Sudah 100 sekian pemohon terdiri dari SIM A, SIM C, maupun dari SKCK selama satu tahun ini," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman di Cirebon, Selasa, 5 September 2023.

Pembuatan SIM dan SKCK itu, ia menjelaskan, merupakan salah satu inovasi dari Polresta Cirebon yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cirebon untuk menekan jumlah sampah plastik lewat layanan Green Service yang kini sudah dijalankan.

Dikatakan, selama ini telah tersedia 27 bank sampah di Kabupaten Cirebon yang semula hanya berjumlah 10 bank sampah, sehingga jangkauan cakupan maupun ekspansi layanan Green Service ini menjadi lebih luas.

Baca Juga: Pendakian Gunung Gede Pangrango Lewat Jalur Cibodas Sudah Bisa Dilalui Mulai Hari Ini

"Sebagai 'review' dari satu tahun berjalan program Green Service ini dengan layanan tukar sampah untuk pembuatan SIM dan SKCK terkumpul 3.717 kg sampah plastik," kata Arif.

Program tersebut, lanjut dia, memperbolehkan warga Cirebon membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk pembuatan SIM dan SKCK menggunakan sampah plastik yang sebelumnya sudah ditabung di bank sampah.

Selanjutnya nasabah yang saldo bank sampahnya sudah mencukupi, ia mengatakan, tinggal datang ke Satpas Polresta Cirebon untuk mengikuti proses pembuatan SIM atau penerbitan SKCK.

Baca Juga: Resep Ampuh Atasi Asam Urat dan Kolesterol Ala dr Zaidul Akbar

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x