Perpusnas Writers Festival, Ungkap Kunci dalam Menulis

- 7 September 2023, 16:42 WIB
 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) tahun ini mengadakan acara Writes Festival di De Majestic dan Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) Braga, Bandung, 6-8 September 2023.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) tahun ini mengadakan acara Writes Festival di De Majestic dan Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) Braga, Bandung, 6-8 September 2023. /Humas Kota Bandung/

GALAJABAR - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) tahun ini mengadakan acara Writes Festival di De Majestic dan Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) Braga, Bandung, 6-8 September 2023. Kegiatan ini bertemakan 'Menulis, Mengukir Peradaban'.

Pada kegiatan tersebut, Creative Director GoodStats, Angelia Gunawan mengungkapkan soal literasi melalui visual data. Workshop ini diawali dengan pemaparan singkat mengenai jurnalisme data.

Disebutkan, jurnalisme data merupakan kumpulan fakta yang digunakan sebagai dasar analisis, penggambaran informasi, dan pembuatan berita.

Baca Juga: Aplikasi Gajian Sekarang, Bisa Bantu Karyawan Terima Gaji Lebih Awal

Sebelum mengumpulkan data, lanjut dia, hal pertama yang dilakukan adalah menentukan topik. Penentuan topik ini terdiri dari tiga cara, yaitu urgensi, tujuan, dan sasaran.

“Pertama adalah urgensi. Kita harus memperhatikan kepentingan berita, berita apa yang sedang naik. Kita bisa kumpulkan data-data dari medsos yang kemudian diolah menjadi sudut pandang baru,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk tujuan dan sasaran kegiatan tergantung siapa target audiensnya. Hal ini bertujuan agar penulisan berita bisa disesuaikan bahasanya dengan target audiens yang dituju.

Setelah penentuan topik, langkah selanjutnya adalah mencari data statistik. Untuk mendapat data statistik bisa dilakukan melalui survey bulanan.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia vs Turkmenistan di FIFA Matchday 2023, Shin Tae Yong Kesulitan Atur Pemain

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah