Jokowi Kunjungi Ukraina dan Temui Volodymyr Zelensky, Ini Hasil Pertemuan Keduanya

- 30 Juni 2022, 13:35 WIB
Jokowi Dukung Upaya PBB untuk Jamin Kelancaran Ekspor Pangan Ukraina
Jokowi Dukung Upaya PBB untuk Jamin Kelancaran Ekspor Pangan Ukraina /Instagram/@jokowi

GALAJABAR - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) tiba di Ukraina pada, Rabu 29 Juni 2022 dan disambut langsung oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky di Istana Marvinsky.

Pada pertemuan tersebut Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelensky selepas pertemuan yang dikutip Galajabar dari situs resmi BPMI Setpres, Kamis 30 Juni 2022.

Baca Juga: Bukan Hanya Pertalite dan Solar, Beli Tabung Elpiji 3 Kilogram juga Harus Daftar Aplikasi MyPertamina

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi kembali menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Zelensky untuk berpartisipasi dalam KTT G20 pada November tahun ini di Bali.

Jokowi juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkokoh kerja sama bilateral dengan Ukraina.

Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” imbaunya.

Halaman:

Editor: Ziyan Muhammad Nasyith


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah