Warga Jabar Dapat Rp400.000 Bulan Ini, Jadwal dan Cek Daftar Penerima Bansos BLT El Nino 2023

- 7 Desember 2023, 19:38 WIB
Pencairan BLT El Nino Rp400.000 Desember 2023./Pixabay @Robert Lens
Pencairan BLT El Nino Rp400.000 Desember 2023./Pixabay @Robert Lens /

GALAJABAR - Saat ini warga Jawa Barat (Jabar) tengah menunggu turunnya Bansos berupa Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino Desember 2023. Mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia termasuk warga Jabar akan Bansos BLT El Nino ini semakin tinggi maka pemerintah melakukan penambahan anggaran BLT El Nino.

Hal ini terungkap dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, pada Selasa, 5 Desember 2023, saat itu Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan bahwa anggaran BLT El Nino ditambah.

Risma mengatakan bahwa penyaluran BLT El Nino sebesar Rp200.000 sebanyak dua kali dalam dua bulan terakhir ini akan diterima oleh 18,8 juta keluarga penerima manfaat dengan nilai total Rp7,520 triliun.

"Anggaran di sini sudah dengan biaya (pengiriman) PT Pos yang ini," ujar Mensos.

Lebih lanjut Risma menyebut bahwa data penerima BLT El Nino masih akan dibahas lagi dengan Kementerian Keuangan karena anggaran tambahan anggaran tersebut belum masuk ke DIPA Kemensos.

"Data awal di angka 18,8 juta untuk dua bulan. Masing-masing Rp200 ribu. Nah untuk clear data, kami akan komunikasi dengan Kemenkeu dulu untuk jumlah penerimanya," ujar Risma saat memberikan keterangan kepada media usai rapat.

Sementara itu, anggota DPR RI mendukung penuh penyaluran BLT El Nino dan berharap bantuan tersebut benar-benar sampai kepada masyarakat yang terdampak.

"BLT El Niino, kami sangat mendukung karena bisa membantu masyarakat menghadapi perubahan iklim. Untuk penyaluran lebih baik disalurkan melalui PT Pos," ujar anggota Komisi VIII DPR RI TB Ace Hasan Syadzily.

Baca Juga: Alhamdulillah CAIR Hari Ini! Segera Cek Nama Anda di Daftar Penerima BLT El Nino Desember 2023, Caranya Mudah

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah