Lengkap! Deretan Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Jadi Juara di  All England Sepanjang Masa

- 21 Maret 2022, 18:00 WIB
Rudy Hartono Legenda Bulu Tangkis Indonesia/ pikiran rakyat
Rudy Hartono Legenda Bulu Tangkis Indonesia/ pikiran rakyat /

GALAJABAR - Sebagai kejuaraan bulu tangkis tertua di dunia, All England, merupakan ajang prestisius yang wajib dijuarai setiap pebulu tangkis. Para atlet bulutangkis pastinya memiliki mimpi bisa juara All England.

Dan Indonesia tidak bisa di pandang sebelah mata. Pasalnya, Indonesia sudah mengantongi 48 gelar juara All England dan berada di posisi keempat setelah Inggris, Denmark, dan Cina yang masing-masing mengantongi gelar juara sebanyak 189, 88, dan 85. Alhasil, daftar atlet bulu tangkis Indonesia juara All England tak bisa dianggap remeh.

Dengan kemenangan Bagas/Fikri di final All England 2022 kategori ganda putra, bisa dipastikan daftar atlet bulu tangkis Indonesia juara All England akan semakin panjang.

Baca Juga: Tingkah Kocak dan Unik Para Pebalab MotoGP Saat Sedang Ngadem yang Bikin Ngakak

Turnamen yang diadakan setiap tahun ini, ternyata sudah didirikan sejak tahun 1898 di Guilford, Inggris. Turnamen pertama sukses digelar tepatnya pada tanggal 04 April 1899 di London Scottish Drill Hall.

Gelar juara pertama kali diraih Indonesia pada tahun 1959 oleh tunggal putra, Tan Joe Hok. Setelah itu disusul oleh Rudy Hartono selama delapan tahun berturut-turut mengantongi juara, 1968-1976. Ini merupakan catatan terbaik yang pernah didapatkan pemain bulu tangkis Indonesia.

Selain kedua legenda tersebut, disusul juga beberapa juara dari berbagai macam sektor hingga terkumpul 48 gelar juara. Terakhir gelar juara All England diperoleh pada tahun 2020 yakni sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktafianti.

Berikut nama-nama dan gelar yang pernah diperoleh pemain Indonesia pada kejuaraan All England.

Baca Juga: Permudah Pelayanan Pajak, Bapenda Jabar Luncurkan Program Samsat Sore Keliling

Halaman:

Editor: Noval Anwari Faiz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah