Jawa Barat Kembali Cetak Rekor Juara Investasi Tertinggi

- 2 Maret 2023, 06:40 WIB
Jawa Barat kembali cetak rekor juara investasi tertinggi
Jawa Barat kembali cetak rekor juara investasi tertinggi /Dok. Humas BKKBN Jabar//

GALAJABAR - Jawa Barat kembali cetak rekor juara investasi tertinggi. Capaian Jabar ini menempati posisi teratas di Indonesia sebagai provinsi dengan realisasi investasi tertinggi selama tiga tahun berturut-turut dari 2020-2022.

Realisasi investasi ke Jawa Barat tahun 2023 ditargetkan mencapai Rp188 triliun. Angka ini terus meningkat setiap tahunnya di mana dalam lima tahun terakhir investasi ke Jabar selalu tertinggi se-Indonesia. 

Jawa Barat Juara Investasi Tertinggi 

Hal tersebut diungkapkan Ridwan Kamil dalam Forum Investasi Jawa Barat 2023 di Trans Luxury Hotel, Bandung, Selasa 28 Februari 2023.

Baca Juga: RAMADHAN 2023 Segera Tiba, Sambut dengan Kalimat Penuh Makna

Realisasi investasi di Jabar (tahun 2022) masih yang tertinggi (secara nasional) sekitar Rp174 triliun," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dilansir laman resmi Pemprov Jawa Barat, Sabtu 28 Januari 2023. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pada 2020, nilai investasi ke Jabar mencapai Rp120 triliun atau 14,6% dari total realisasi investasi nasional Rp826,2 triliun.

"Angka tersebut terdiri dari PMA sebesar Rp 93,77 triliun dan PMDN sebesar Rp 80,81 triliun. Sementara itu, target realisasi investasi tahun 2023 ditetapkan sebesar Rp 188,03 triliun,"ucapnya.

Menurut Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, upaya pihaknya di level provinsi dalam menarik investor sudah sangat agresif dan mesti diimbangi oleh kemampuan yang sama di tingkat daerah.

Baca Juga: 7 Tempat Kuliner Enak Khas Bogor, Jawa Barat, Legendaris dan Murah, Diburu Travelers

Ridwan Kamil meminta agar pemerintah kota dan kabupaten turut menggunakan politik door to door untuk menawarkan investasi. “Rejeki harus dijemput tidak bisa ditunggu,” katanya.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah