Akhirnya CAIR Rp400 Ribu! Bansos BLT El Nino Desember 2023, Cek Rekening dan Nama Anda di Daftar Penerima

- 15 Desember 2023, 09:00 WIB
Bansos BLT El Nino cair Desember 2023
Bansos BLT El Nino cair Desember 2023 /Pixabay/EmAji/

GALAJABAR - Akhirnya cair juga bansos BLT El Nino Desember 2003 ada dana Rp400.000 yang akan diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dana bansos BLT El Nino tahap akhir di 2023 ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat terdampak fenomena Ek Nino yang mengakibatkan kekeringan ini.

Pada Rabu, 13 Desember 2023 lalu, Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke NTT menyalurkan bansos BLT El Nino sebesar Rp400 ribu. Nominal itu merupakan akumulasi pembayaran November dan Desember 2023 yang masing-masing Rp200 ribu setiap bulannya.

Selain itu Presiden Jokowi juga menyalurkan secara langsung menyalurkan bansos BLT El Nino tersebut di Kantor Pos Pekalongan, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Pada kesempatan itu Jokowi menjelaskan bahwasa bantuan tersebut disalurkan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak fenomeda El Nino sehingga menimbulkan kekeringan jangka panjang.

Baca Juga: Sudah CEK? Bansos BLT El Nino Cair Desember 2023, Cek Daftar Penerima dan Catat Jadwal Pencairan

Tak pelak kondisi itu berdampak pada harga bahan-bahan pokok yangmengalami kenaikan sehingga Pemerintah melalui Kementerian Sosial menyiapkan dana sebesar Rp7,53 triliun yang kemudian disalurkan  kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Proses pencairan diprediksi akan berlangsung selama satu hingga dua pekan kedepan. Semenetara itu untuk pencairannya, bansos BLT El Nino ini akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia dengan nominalnya sebebsar Rp400.ribu.

Saat pencairan bansos, KPM harus menunjukan KTP asli dan membawa  Kartu Keluarga milik KPM. Selain melalui kantor pos, pencairan dana dapat diambil melalui  Bank Himbara, seperti BRI, BNI, dan Mandiri.

Cara Cek Daftar Penerima Bansos BLT El Nino

Masyarakat  dapat melakukan pengecekan secara online untuk mengetahui nama yang tercantum di dalam  daftar penerima bansos BLT El Nino.

Halaman:

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah