GOR Saparua Bandung yang Legendaris, Tempat Berkumpul Komunitas Kuliner dan Olahraga Termasuk Boxing

- 16 Desember 2023, 15:52 WIB
GOR Saparua Bandung, yang legendaris tempat berkumpul komunitas kuliner dan olahraga termasuk boxing
GOR Saparua Bandung, yang legendaris tempat berkumpul komunitas kuliner dan olahraga termasuk boxing /Dok. Devira/

GALAJABAR - Jika kita melewati Jalan Ambon, Bandung, kita akan melewati sebuah lapangan olahraga Saparua yang legendaris dan ramai dikunjungi oleh masyarakat. Terutama saat pagi hari atau sore hari saat matahari sudah tidak terlalu terik. Selain masyarakat yang melakukan berbagai kegiatan olahraga, terlihat juga jajaran aneka kuliner.

Selain lapangan, terdapat juga sebuah gedung yang dikenal dengan nama Gedung Olahraga (GOR) Saparua. Sesuai dengan namanya, situs peninggalan ini  digunakan untuk kegiatan olah raga sehari-hari.

GOR Saparua Bandung didirikan pada tahun 1910 sebagai lapangan olah raga umum pertama di Bandung dengan nama NIAU (Nederlands Indie Athletiek Unie).  Atletik, kriket, baseball, dan senam kelompok dipraktekan di lapangan.

Pada tahun 1920-an, lapangan ini menjadi taman bermain anak-anak dengan tambahan area tempat diadakannya Jaarbeurs (pasar sepanjang tahun). Pada tahun 1961, GOR Saparua Bandung dibangun sebagai fasilitas tambahan  untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat.

Baca Juga: Wajib Dikunjungi! Rekomendasi 3 Toko Oleh Oleh Bandung, Wisata Kuliner Legendaris Saat Mudik Lebaran 2023

GOR awalnya diciptakan untuk bulu tangkis, bola basket, dan bola voli, namun seiring dengan waktu bertambah fungsinya menjadi tempat berkesenian juga sehingga melahirkan musik-musik dan menjadi pertunjukan seni para seniman terkenal diantaranya WS. Rendra, Ismail Marzuki dll.

Lapangan tersebut merupakan salah satu tempat favorit masyarakat bandung untuk berolahraga. Suasana yang sejuk serta fasilitas olahraga yang lengkap yaitu lapangan ini mempunyai beberapa arena olah raga antara lain jogging track, arena sepatu roda, panjat dinding, lapangan basket, dan merupakan salah satu lapangan jogging di Bandung.

Lapangan ini menjadi tempat latihan anak- anak dari sekolahnya dalam berolahraga. Berbagai macam masyarakat dari setiap daerah kabupaten hadir main dan berolahraga disini, dari usia anak-anak, remaja, sampai dewasa.

Hal menarik adalah selain menjadi tempat olahraga, lapangan ini menjadi destinasi wisata kuliner serta menjadi tempat berswa foto karena lokasi yang menarik, rapi dan bersih dengan pemandangan pepohonan yang rindang.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah