Mau Libur Nataru? Perhatikan Contraflow Sepanjang 18 kilometer yang Diterapkan di Tol Jakarta Cikampek

- 23 Desember 2023, 12:15 WIB
ilustrasi jalan tol
ilustrasi jalan tol /freepik @storyset/

GALAJABAR- Pihak berwenang memberlakukan lalu lintas dua arah di ruas tol Jakarta Cikampek sepanjang 18 kilometer pada Sabtu pagi menyusul kemacetan lalu lintas di jalan tersebut selama liburan Natal dan Tahun Baru 2024.

Ria Marlinda Paallo, Corporate Secretary Vice President and Legal PT Jasamarga Transjava Tolu, dalam keterangannya di Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu, mengatakan menghadapi libur Nataru maka rekayasa lalu lintas contraflow di jalan Tol Jakarta Cikampek diterapkan mulai dari KM 47 sampai KM 65 arah Cikampek.

Ia mengatakan, contraflow diterapkan atas kebijakan pihak kepolisian, sejak pukul 06.35 WIB karena saat itu terjadi kepadatan arus lalu lintas pada momentum musim libur Natal dan Tahun Baru ini 2024.

Awalnya, contraflow diterapkan mulai dari KM 55 sampai 65. Kemudian pada pukul 7.00 WIB, penerapan contraflow diperpanjang, dari KM 47 sampai KM 65.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta Bandung Diresmikan 1 Oktober, Konstruksi Akses Tol ke Stasiun Harus Dimulai 2023

Contraflow adalah sistem manajemen lalu lintas yang memungkinkan Anda mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol. Sistem rekayasa lalu lintas ini mengharuskan pengendara melalui jalur berlawanan arah, dilakukan atas diskresi pihak kepolisian

Ria menyampaikan pada libur Natal dan Tahun Baru, PT Jasamarga Transjawa Tol juga menambah pelayanan transaksi Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan total 18 gardu tol dibandingkan kondisi normal yang berjumlah 15 gardu.
.
Selain itu, 16 mobile reader tambahan telah disediakan untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Hal ini dilakukan untuk menjaga arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah jalan Tol Cipali agar tetap lancar pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Baca Juga: Akses Tol Gedebage KM 149 Kembali Dibuka, Plh Wali Kota: Kita Sangat Mendukung

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah