Serba-serbi Menarik Tentang  Imlek : Mulai dari Suara Petasan Sampai Larangan Memberi Uang Dalam Jumlah Ganjil

- 26 Januari 2022, 16:30 WIB
imlek//pexel.com/Angela Roma
imlek//pexel.com/Angela Roma /

GALAJABAR - Perayaan Imlek yang jatuh pada tanggal 1 Februari tentunya akan dirayakan oleh orang-orang keturunan Cina di seluruh dunia. Biasanya, perayaan imlek terasa lebih spesial karena mengandung banyak makna yang melekat dalam setiap tradisinya.

Imlek merupakan salah satu peringatan tahunan yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa. Peringatan yang sudah mulai dari ratusan tahun lalu ini juga dirayakan oleh masyarakat di berbagai negara, mulai dari Tibet, Taiwan, Korea, Vietnam, Indonesia  serta negara dengan penduduk berbahasa Cina seperti Singapura dan Malaysia.

Perayaan Imlek ternyata ada ceritanya, kebanyakan dipengaruhi oleh mitos dan legenda. Itu pun tak hanya satu cerita, tetapi ada banyak. Ini adalah beberapa cerita dan fakta perayaan Imlek yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Setelah Cisumdawu 7 Jalan Tol di Jabar Akan Dibangun, Ini Tol Terpanjang yang Dibangun di Akhir Januari 2022

  1. Perayaan Musim Semi

Awalnya, Hari Raya Imlek merupakan sebuah perayaan oleh para petani di Cina untuk menyambut musim semi dengan bahagia dan penuh syukur. Apalagi, pada saat musim dingin mereka tidak dapat bekerja.

Untuk itulah, perayaan ini juga sering disebut sebagai Xin Jia (Sincia) atau Festival Musim Semi.

Dalam peringatan Imlek masyarakat Tionghoa juga mengharapkan kemakmuran lainnya di tahun yang akan datang. Selain itu, Tahun Baru Imlek juga melambangkan keharmonisan dalam tata kehidupan di muka bumi.

  1. Imlek Sebenarnya Adalah Ritual Pengusiran Monster “Nian”

Selain itu, ada juga mitos tentang Tahun Baru Imlek. Konon, ribuan tahun lalu, diceritakan ada sebuah monster bernama “Nian” (dari kata 年 yang memiliki arti sebagai “tahun”) akan datang pada akhir tahun Cina.

Baca Juga: Persib Bandung vs Persikabo Digelar Sabtu, 29 Januari 2022, Pelatih: Harus Menang Untuk Incar Posisi Puncak

Halaman:

Editor: Noval Anwari Faiz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah