Kurangi Beban Biaya Pembuangan Sampah ke TPA, Yuk Mulai Lakukan Pemilahan Sejak dari Rumah

- 13 Mei 2022, 17:25 WIB
Ilustrasi TPA Sampah.
Ilustrasi TPA Sampah. /Pexels.com/Tom Fisk/

GALAJABAR - Masyarakat diminta untuk melakukan pemilahan sampah sejak dari rumah. Hal itu akan bermanfaat untuk mengurangi beban biaya pembuangan sampah dari Cimahi ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Pasalnya, biaya angkut sampah hampir dipastikan membengkak seiring dengan rencana dialihkannya pembuangan sampah dari TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat, ke TPPAS Legok Nangka di Kabupaten Bandung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Lilik Setyaningsih mengatakan, sebetulnya pihaknya sudah mengestimasikan biaya angkut sampah ke TPPAS Legok Nangka itu mencapai Rp23 miliar per tahun dari total sekitar 150 ton sampah per hari.

Baca Juga: Polda Jabar Antisipasi Gelombang Wisatawan saat Libur Panjang Waisak, Mengecek juga Ketaatan Pengelola Wisata

"Tapi kan kemarin sudah ada kesepakatan kita minimal buang sampah 200 ton, jadi otomatis lebih membengkak lagi. Lebih besar dari Rp 23 miliar," ungkap Lilik, belum lama ini.

Biaya beban angkut sampah dari Kota Cimahi itu melonjak tajam dibandingkan biaya pengangkutan dari Kota Cimahi ke TPA Sarimukti yang mencapai Rp 16 miliar per tahun, yang meliputi pembayaran Kompensasi Jasa Pelayanan (KJP) dan Kompensasi Dampak Negatif (KDN).

Dikatakan Lilik, untuk saat ini volume sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Cimahi mencapai 273 ton per hari. Namun dirinya memprediksi volumenya akan naik hingga 300 ton dalam beberapa tahun ke depan seiring bertambahnya jumlah penduduk.

Baca Juga: Saudi Berikan Layanan Fast Track bagi Jemaah Haji Indonesia, Permudah Proses Pengecekan Dokumen Keimigrasian

"Rata-rata timbulan 273 ton per hari, tapi ke depan dengan bertambahnya penduduk bisa saja sampai 300 ton," Lilik.

Halaman:

Editor: Ziyan Muhammad Nasyith


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah