Bisa Dicontoh Nih, Mengurai Sampah Organik dengan Lalat

- 12 Januari 2021, 22:45 WIB
Ayo budi daya maggot  lalat tentara hitam atau Black Soldier Fly
Ayo budi daya maggot lalat tentara hitam atau Black Soldier Fly /evi yanti/Portal Purwokerto

GALAJABAR - Siapa bilang lalat itu tidak bermanfaat. Selama ini selalu diidentikan dengan sumber penyakit. Namun faktanya, lalat juga memiliki manfaat.

Seperti yang  dilakukan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kini tengah membudidayakan lalat jenis black soldier fly (BSF), untuk mengurai sampah organik menjadi kompos.

"BSF ini bisa menghasilkan belatung (maggot) yang dapat mengurai sampah organik. Belatung BSF jauh lebih efektif dibanding kompos untuk mengurai sampah," kata Kepala Seksi Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Belitung Timur Muhammad Irsad di Manggar, Selasa 12 Januari 2021.

Baca Juga: Tiga Korban Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air Terindetifikasi

Ia menjelaskan, maggot BSF berfungsi untuk pengurai sampah karena ribuan manggot ini dapat menghabiskan kiloan sampah organik dalam 24 jam.

"Sekarang kami dalam tim sedang tahap awal untuk mengembangkan dan memperbanyak lalat serta belatung. Setelah berkembang banyak, BSF akan dipindahkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Trafo Mayang," ujarnya.

Ia mengatakan, akan membuat bak-bak penampungan khusus untuk sampah organik dan maggot BSF itu jika induk dan belatungnya sudah banyak.

Baca Juga: Pemerintah Uganda Blokir Semua Platform Media Sosial

"Dengan adanya inovasi pelayanan dalam budi daya lalat BSF akan menjadi solusi baru, terutama untuk pengelolaan sampah organik dan tambahan penghasilan baru bagi masyarakat," katanya.

Ia juga mengatakan, pembudidayaan BSF dapat menekan jumlah sampah organik, terutama yang ada di TPA.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah