Kurangi Bicara Saat Memakai Masker, Mau Tahu Mengapa? Ini Penjelasanya

- 27 Agustus 2021, 22:38 WIB
Ilustrasi jerawat
Ilustrasi jerawat /Pixabay/

GALAJABAR - Sejak terjadi pandemi Covid-19 , Maret 2020 lalu, mengubah kebiasaan maayarakat. Salah satunya diharuskan menggunakan masker saat sedang berada di luar.

Ternyata memakai masker itu, tidak aaal pakai. Bahkan, saat memakai masker  tidak banyak bicara.

Karena ternyata, mengurangi bicara bisa mencegah timbulnya jerawat selama mengenakan masker atau maskne, menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dari Universitas Indonesia, dr. Susie Rendra, Sp.KK, FINSDV.

Baca Juga: Goes to Grand Final Masterchef Indonesia S8, Jesselyn dan Nadya Unggah Momen Kebersamaan Mereka, Gemes Banget!

Dia menjelaskan, semakin sering Anda berbicara maka semakin banyak udara pernapasan yang keluar dan menyebabkan semakin panasnya area wajah. Akibatnya, muncul rasa pengap, keringat di dalam masker dan inilah pencetus jerawat di area yang tertutup masker.

"Kurangilah mengobrolnya (berbicara) karena semakin banyak bicara, uap air yang diproduksi banyak, makin panas, makin pengap di dalam masker sehingga risiko jerawatnya makin besar," kata dr. Susie Rendra dalam sebuah diskusi bersama media, dikutip Jumat 27 Agustus 2021.¿¿

Maskne atau jerawat yang muncul di area tertutup masker umumnya berbentuk seperti jerawat pada umumnya yakni berwarna kemerahan, bengkak hingga bernanah.

Baca Juga: MS Kaban: Pisau Polisi Makin Tajam ke Penista Agama

Selain masalah ini, ada juga dermatitis seboroik atau eksim ketombe yang juga bisa dipicu kondisi pengap dan berkeringat di sekitar masker. Gejala yang bisa dialami yakni kemerahan, ruam di sekitar mulut, hidung dan pada kasus berat bisa mengenai area lain.

Agar tak terkena dua masalah ini, di samping mengurangi bicara, Anda juga perlu rutin mengganti masker yakni setiap 3-4 jam kali. Menurut Susie, setelah 3-4 jam bagian dalam masker cenderung sudah dipenuhi banyak uap air dari pernapasan yang selain mengurangi efektivitasnya sekaligus memicu munculnya jerawat akibat kondisi di sekitar masker yang pengap.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah