Ladies, Ini 6 Gejala Diabetes yang Perlu Diwaspadai. Keputihan Salah Satunya!

- 4 Maret 2022, 13:23 WIB
dokter dan pasien//pexels.com/Thirdman
dokter dan pasien//pexels.com/Thirdman /

GALAJABAR - Diabetes adalah penyakit yang umum, namun ini menjadi penyakit mematikan setelah kanker dan penyakit jantung.

Diabetes secara bertahap mempengaruhi setiap organ dalam tubuh dan dapat membahayakan nyawa jika tidak dikelola dengan benar.

Berdasarkan data tahun 2019, International Diabetes Federation (IDF) menyebutkan bahwa Indonesia menempati posisi 7 teratas sebagai negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi di dunia. Maka dari itu, masyarakat sangat dianjurkan untuk mencegah diabetes sedari dini.

Baca Juga: Puan Ungkap Ciri-ciri Capres dari PDIP, Pengamat Politik: Cenderung Mengarah ke Diri Sendiri

Diabetes bisa berakibat fatal jika gejalanya diabaikan. Studi mengatakan bahwa wanita lebih rentan terkena diabetes di usia 40-an dibandingkan pria. Ini bisa karena menopause atau perimenopause.

Selain itu, wanita pun lebih berisiko mengalami komplikasi diabetes, seperti depresi, penurunan daya lihat, hingga masalah ginjal. Tentunya di masa seperti saat ini mengontrol penyakit diabetes, terutama bagi wanita penting diperhatikan, agar kesehatan tetap terjaga.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyebutkan proporsi pasien diabetes melitus pada penduduk usia di atas 15 tahun mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dari 5,5 persen pada tahun 2007, menjadi 6,9 persen pada tahun 2013 dan 8,5 persen pada tahun 2018. Indonesia sendiri merupakan negara urutan ke 7 dari 10 negara dengan penderita diabetes melitus terbanyak di dunia.

Baca Juga: Unggah Foto Sedih Bercaption Jangan Panggil Aku King di Instagramnya, Nassar Bikin Netizen Cemas dan Penasaran

Perlu disadari bahwa diabetes tidak hanya terjadi karena keturunan, tetapi bisa juga disebabkan oleh pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Diabetes merupakan masalah kesehatan kronis yang ditandai dengan kadar glukosa dalam darah yang tinggi.

Untuk menghindari hal itu, yuk ketahui beberapa tanda diabetes pada wanita di usia 40-an seperti dilansir dari Boldsky, 4 Maret 2022.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah