Rangka Motor Berkarat? Ini Penyebab dan Pencegahannya

- 6 September 2023, 10:43 WIB
Ilustrasi rangka motor berkarat.
Ilustrasi rangka motor berkarat. /tangkapan layar kanal youtube RIdwan Hanif

 

GALAJABAR - Rangka motor berkarat bahkan menyebabkan patah disebahkan sejumlah faktor. Karenanya kita harus mengantisipasinya agar rangka kita awet.

Seperti diketahui, sejak beberapa hari kebelakang, rangka motor karatan menjadi perbincangan publik. Hal ini bukan hanya untuk motor tua melainkan motor yang belum lama dibeli.

Promotion Manager Autochem Industry Dhany Ekasaputra memberikan tips mengenai bagaimana mengatasi rangka sepeda motor berkarat. Dimana terjadinya karat rangka itu disebabkan bertemunya jenis logam dengan udara yang memiliki kandungan air atau yang bisa disebut dengan udara lembab.

Baca Juga: Ini 8 Wakil Indonesia yang Tampil di Hari Kedua BWF Super 1000 China Open 2023

“Kalau logam sudah berkarat, tentu titik karat tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu dengan cara mengikisnya dengan cara diampelas atau mengganti dengan pelat baru jika memang diperlukan,” kata Dhany Ekasaputra saat dihubungi ANTARA, belun lama ini.

Selanjutnya, diperlukan adanya tindakan untuk melapisi bagian yang berkarat itu dengan minyak atau cat untuk mencegah agar tidak menyebar ke area lain yang tidak diinginkan.

Namun pelapisan dengan menggunakan minyak tidak begitu bertahan lama. Sebab lapisan minyak akan cepat menghilang jika terkena air dalam jangka waktu tertentu dan tidak menutup kemungkinan lapisan dengan minyak ini juga akan memuai terkena panas.

“Kalau cat, akan lebih tahan lama meski ketebalan cat menjadi tolak ukur seberapa kuat perlindungan logam terhadap karat,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x