Jelang Pemungutan Suara , Facebook Tutup Akun Partai Politik di Selandia Baru

- 15 Oktober 2020, 20:48 WIB
Laman Facebook. /PIXABAY/Simon Steinberger

GALAJABAR - Karena membagikan unggahan misinformasi mengenai pandemi Covid-19, Facebook menutup akun partai politik Selandia Baru, Advance NZ, pada Kamis 15 Oktobee 2020. dua hari menjelang hari pemungutan suara.

Pihak Facebook. menerangkan NZ, partai yang baru berdiri terssbut , dianggap telah melakukan pelanggaran berulang atas kebijakan misinformasi Facebook tentang virus Covid-19.

"Kami mempunyai kebijakan yang jelas terhadap konten semacam ini, dan akan menegakkan kebijakan tersebut tanpa memandang jabatan politik seseorang maupun afiliasi partainya," kata Facebook.
Baca Juga: Miss 80 Juta, Vanessa Angel Dituntut Enam Bulan Atas Kasus Kepemilikan Psikotropika

Menanggapi hal ini, Advance NZ menyebut langkah Facebook merupakan bentuk campur tangan dalam pemilu.

"Ini adalah contoh sinis campur tangan dalam pemilu oleh platform media sosial milik Amerika yang tidak berhak melakukan operasi semacam itu di negara kita yang berdaulat," kata pemimpin Advance NZ, Billy Te Kahika, dalam sebuah pernyataan dikutip galajabar dari Antara.

Partai tersebut memicu kontroversi dengan prinsip anti vaksinasi dan seruan untuk mengakhiri karantina wilayah terkait wabah Covid -19. Advance NZ menyebut angka rasio kematian akibat virus corona "tidak berbeda dengan influenza musiman."

Baca Juga: Cegah Pungli di Lingkungan Pendidikan, SMK 3 Bandung Luncurkan Website Gerecep Simanis Cadisdik 7

Menurut jajak pendapat terbaru, Advance NZ diproyeksikan akan mendapat 1% suara, yang berarti tidak akan berdampak pada hasil akhir pemilu.

Sementara itu, Perdana Menteri Jacinda Ardern, yang juga pemimpin Partai Buruh, tengah berupaya mendapatkan jabatannya kembali untuk periode ke-2 dalam pemilu 17 Oktober nanti, dengan catatan keberhasilannya menangani wabah di negara berpenduduk lima juta jiwa itu melalui karantina wilayah dan pembatasan sosial.

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X