Banyak Jalan dan Gang Masih Gelap Gulita, Ini Dia Janji Pemkot Cimahi

- 15 September 2021, 20:17 WIB
Seorang petugas sedang memperbaiki lampu penerangan jalan umum di Jalan Amir Mahmud
Seorang petugas sedang memperbaiki lampu penerangan jalan umum di Jalan Amir Mahmud /Laksmi Sri Sundari/Galajabar/

GALAJABAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi bakal menambah jumlah penerangan jalan di wilayahnya. Sebab, masih banyak jalan lingkungan dan jalan gang di Kota Cimahi yang masih gelap, lantaran belum terpasang penerangan.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, jumlah penerangan di Kota Cimahi mencapai 16.497 titik yang tersebar di 15 kelurahan. Termasuk di pemukiman padat.

Rincian penerangan yang sudah terpasang di antaranya 3.480 titik Penerangan Jalan Umum (PJU), 4.221 Penerangan Jalan Lingkungan (PJL), dan 8.796 Penerangan Jalan Gang (PJG).

Baca Juga: Belasan Juta Subscriber Deddy Corbuzier Terancam Lenyap, Netizen Serukan Unsubscribe Imbas Nyinyiri Santri

"Anggaran tahun 2021 ini Insya Allah September kita lakukan pemasangan PJL dan PJG dulu," kata Kepala Dishub Kota Cimahi, Hendra Gunawan, Rabu  15 September 2021.

Pemasangan hanya akan dilakukan untuk PJG sebanyak 514 titik, dan PJL sebanyak 60 titik. Pemasangan akan dilakukan di 15 kelurahan se-Kota Cimahi yang memang belum tersentuh penerangan.

Anggaran yang disiapkan mencapai sekitar Rp 2,5 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi tahun 2021. Saat ini prosesnya masuk tahapan lelang.

Baca Juga: Nyinyiri Santri Penghafal Alquran, Diaz Hendropriyono dan Deddy Corbuzier 'Kena Batunya'

"Anggaran yang terakomodir adalah PJG dan PJL terbesar di kelurahan. Sekarang sedang mau proses ULP (Unit Layanan Pengadaan). Anggaran-nya sekitar Rp 2,5 miliar," ungkap Hendra.

Disebutkannya, jumlah penerangann di Kota Cimahi saat ini belum ideal. Berdasarkan hasil pendataan, kebutuhan PJG mencapai 20 ribu, PJL 1.900, dan PJU sekitar 400 lagi yang harus ditambah.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah