Ema Sumarna jadi Walikota Bandung Usai Yana Mulyana Kena OTT KPK?

- 15 April 2023, 15:38 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna.
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna. /

GALAJABAR - Ditangkapnya Walikota Bandung Yana Mulyana oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi obarat petir di siang bolong. Apalagi penangkapan dilakukan jelang lebaran 2023.

Jabatan Yana Mulyana nantinya akan digantikan dengan Pelaksana Harian Plh. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, secara aturan umum Plh sendiri bisa diisi oleh Sekda Kota Bandung, dalam hal ini Ema Sumarna.

Hal ini dikatakannya berdasarkan hasil koordinasi dengan Kemendagri.

Baca Juga: 50 Lokasi Penukaran Uang Baru di Kota Bandung Jelang Lebaran 2023

Baca Juga: Wali Kota Bandung Yana Mulyana Ditangkap KPK, 9 Orang Dibawa ke Jakarta

"Saya sudah konsultasi ke Mendagri, sementara sesuai aturan Plh Sekda. Itu posisi tertinggi di birokrasi," jelas Emil di Pasar Kosambi, Sabtu, 15 April 2023.

Sementara itu, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, pihaknya akan mengikuti aturan yang berlaku soal pengganti Walikota Bandung Yana Mulyana yang ditangkap KPK pada Jumat, 14 April 2023 malam.

"Itu kami serahkan pada mekanisme dan aturan yang berlaku. Otoritas pada pemerintah daerah juga berada di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," jelas Ema.

Hal itu disampaikan Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Sabtu ini. Ema memberikan penjelasan terkait penangkapan Yana Mulyana oleh KPK.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah