Laboratorium Simulasi Fikom Unisba gelar Kuliah Umum Public Speaking

- 6 Desember 2023, 16:41 WIB
Laboratorium Simulasi Fikom Unisba gelar kuliah umum Public Speaking
Laboratorium Simulasi Fikom Unisba gelar kuliah umum Public Speaking /Humas Unisba/

GALAJABAR - Kemampuan public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum, merupakan salah satu kapasitas yang wajib dimiliki oleh siapa pun, terutama mereka yang bergerak dalam bidang jasa yang mengutamakan pelayanan publik, maka wajar bila ini menjadi salah satu mata kuliah wajib di Prodi Ilmu Komunikasi Fikom Unisba.

Sebagai mata kuliah berbasis pratikum, para mahasiswa akan mengikuti kegiatan di Laboratorium Simulasi Fikom Unisba selama tujuh kali pertemuan setelah UTS, salah satunya adalah dengan model Kuliah Umum Public Speaking yang di gelar hari Selasa 5 Desember 2023 lalu di Gedung aula utama kampus Unisba Jl. Taman Sari No 1 Bandung.

Bertindak sebagai narasumber Yosi Mokalu, atau yang dikenal juga dengan nama Yosi Project Pop, salah satu grup band asal Kota Bandung yang popular di era 90an dan masih eksis hingga saat ini. Acara dibuka oleh dekan Fikom Unisba Prof Atie Rachmiatie, M.Si yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kemampuan bertutur kata yang baik kepada orang lain merupakan adab baik yang perlu dimiliki oleh setiap individu saat ini, apalagi di tengah arus informasi yang semakin terbuka dan ruang interaksi yang semakin beragam.

Sementara itu, Kasi Lab Simulasi Fikom Unisba Dr. Rita Gani, M.Si menyampaikan bahwa ini adalah acara kuliah umum pertama yang digelar oleh Lab Simulasi Fikom Unisba, dan ia berharap agar acara ini akan menjadi agenda rutin tahunan lab simulasi, sehingga bisa memotivasi peserta pratikum untuk memberikan yang terbaik dalam tugas-tugas pratikum di lab.

Baca Juga: FEB Unisba Resmikan Tax Center untuk Mendukung Pengembangan Sayap Akademiknya

Pemilihan Kang Yosi sebagai  narasumber, menurut Rita tidak bisa dilepaskan dari kiprahnya selama ini didunia presenter, baik sebagai mc, moderator bahkan pembicara di berbagai seminar/pelatihan.  Secara khusus kuliah umum ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester 3 yang mengambil mata kuliah Keterampilan Berbicara Didepan Publik (Publik Speaking), yang tahun ini berjumlah sekitar 320 orang. Namun karena tingginya animo mahasiswa Fikom Unisba untuk mengikuti kegiatan ini, maka juga dibuka untuk mahasiswa lainnya selama memenuhi kuota kapasitas aula Unisba. 

Ini ditegaskan oleh Eva Nurseha, M.Ikom yang menjadi PIC acara, bahwa jumlah peserta diutamakan mahasiswa peserta pratikum di Lab sesuai data yang ada, namun  kursi sengaja disiapkan lebih untuk mahasiswa bahkan beberapa dosen yang juga berminat untuk mengikuti kuliah umum ini.

Antusiasme peserta terlihat dari penuhnya kursi yang tersedia dan semangat yang sama dari awal hingga akhir acara.  

Sejalan dengan tema yang dipilih yakni ”You’re Impressive : From Fear To Fun”, maka diharapkan setelah mengikuti acara ini, para mahasiswa bisa termotivasi  untuk mampu mengatasi ketakutannya  ketika berbicara di depan public dan mengubahnya menjadi hal yang menyenangkan. Penyampaian materi dikemas menarik dan santai, tetapi tetap menonjolkan berbagai poin yang dibutuhkan dalam dunia  public speaking.

Halaman:

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah