Hati-hati Arus Balik, Polres Garut Berlakukan Jalan Satu Arah Pada Akhir Libur Natal di Jalur Garut Bandung

- 26 Desember 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi situasi lalu lintas selama libur Natal/Antara
Ilustrasi situasi lalu lintas selama libur Natal/Antara /

GALAJABAR - Kepolisian Resor (Polres) Garut akan menerapkan sistem satu arah untuk mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan saat arus balik di jalan raya Bandung Garut pada akhir libur panjang Natal  2023, serta mengurangi lalu lintas di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi mengatakan, seiring meningkatnya lalu lintas kendaraan dari Bandung ke Garut menjelang libur Natal, petugas memprioritaskan pengurangan arus kendaraan ke Bandung.

"Kami sudah memberlakukan one way sampai sekarang sudah tiga kali dan alhamdulillah semuanya berjalan lancar," kata Aang.

Ia mengatakan, selama libur Natal dan Tahun Baru, sejumlah aparat keamanan akan bersiaga di setiap pos keamanan dan pos pengatur jalur untuk mengantisipasi dan mengatur lalu lintas kendaraan berat.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Seru untuk Anak di Ancol, Libur Natal dan Tahun Baru Jadi Lebih Menyenangkan

Seperti yang terjadi saat ini, menjelang berakhirnya libur panjang Natal,  petugas sudah beberapa kali turun untuk mengatur jalur dan menerapkan jalan satu arah agar arus kendaraan tetap lancar dan tidak terjadi kemacetan.
.
“Karena adanya peningkatan lalu lintas dari Tasikmalaya ke Bandung pada sore hari ini, kami memprioritaskan arah dari timur ke barat, dari Tasik ke Kota Bandung,” ujarnya.

Ia mengatakan, dampak pemberlakuan jalan satu arah adalah memulihkan kelancaran arus kendaraan. Ketika kemacetan kembali terjadi, mobil kembali melambat sehingga arus lalu lintas kembali normal.

Ia mengatakan, Satlantas Polres Garut menyiagakan aparat keamanan dan aparat penegak hukum di jalan-jalan utama dan tempat wisata untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat libur panjang Natal.

Baca Juga: Mau Libur Nataru? Perhatikan Contraflow Sepanjang 18 kilometer yang Diterapkan di Tol Jakarta Cikampek

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah