8 Bansos yang Cair Bulan Juni 2022, Ada Prakerja, BLT, Bansos PKH, hingga BLT Minyak Goreng

- 1 Juni 2022, 15:08 WIB
Bansos PKH Cair Juni 2022, Cek Daftar Penerima Bantuan di cekbansos.kemensos.go.id atau Aplikasi Cek Bansos
Bansos PKH Cair Juni 2022, Cek Daftar Penerima Bantuan di cekbansos.kemensos.go.id atau Aplikasi Cek Bansos /Instagram.com/@kemensosri/

GALAJABAR – Berikut adalah delapan bantuan sosial (bansos) yang bakal cair di bulan Juni 2022, ada Kartu Prakerja, BLT, Bansos PKH, hingga BLT Minyak Goreng.

Bansos merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Tanah Air.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati telah mengungkapkan rincian anggaran perlindungan sosial untuk dimanfaatkan, yaitu PBI JKN sebesar Rp 46,5 triliun dan Program Kartu Sembako sebesar Rp45,1 triliun.

Baca Juga: Progres Perbaikan Jalan Selatan Baru 60 Persen, Hengki Kurniawan Ingatkan PT Brantas
Selain itu, ada pula Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 28,8 triliun, Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp 28,7 triliun dan Kartu Prakerja sebesar Rp 11 triliun.

Memasuki awal Juni 2022, pencarian berbagai bansos bakal semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah anggaran bansos sebesar Rp 18,6 triliun.

Melansir berbagai sumber, berikut adalah delapan (8) bansos yang cair bulan Juni 2022:

Baca Juga: Ini Daftar Pemain dan Sinopsis Film Mencuri Raden Saleh yang Baru Rilis Trailer Pertama

1. Kartu Prakerja
Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.
Kartu Prakerja ini ditujukan kepada pencari kerja, buruh/karyawan yang terkena PHK, maupun buruh/karyawan yang hendak meningkatkan kompetensi kerja.
Per Minggu, 29 Mei 2022 kemarin, Kartu Prakerja telah memasuki gelombang ke-31.

2. Bantuan Langsung Tunai
BLT sejumlah uang tunai Rp 1 juta bakal dicairkan oleh pemerintah pada bulan Juni 2022 ini. Pemerintah sudah menyiapkan dana sebesar Rp 8,8 triliun untuk 8,8 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

3. BLT Minyak Goreng
Seperti diketahui, minyak goreng menjadi salah satu barang pokok langka saat ini. Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan BLT minyak goreng Rp 300.000 untuk meringankan beban masyarakat.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah