Lokasi Gerhana Total dan Jadwal Gerhana Matahari Hibrida, Link Streaming Cek Di sini

- 19 April 2023, 21:02 WIB
Ilustrasi Gerhana Matahari/ pixabay.com/TheDigitalArtist
Ilustrasi Gerhana Matahari/ pixabay.com/TheDigitalArtist /

GALAJABAR – Pada Kamis, 20 April 2023, Indonesia akan mengalami Gerhana Matahari Hibrida yang tampak total di sebagian lokasi dan di lokasi lain tampak sebagai Gerhana Matahari cincin atau sebagian, link streaming untuk menyaksikannya akan dibagikan dalam artikel ini.

Menurut Peneliti Ahli Madya di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Johan Muhammad menyampaikan bahwa Gerhana Matahari Hibrida ini merupakan gerhana yang sangat spesial karena jarang terjadi.

“Di wilayah Indonesia, Gerhana Matahari pada 20 April 2023 akan teramati sebagai Gerhana Matahari Total (GMT) dan Gerhana Matahari sebagian,” kata Johan menjelaskan terkait Gerhana Matahari Hibrida yang akan terjadi besok.

Baca Juga: Kapal Perang Tiba di Semarang Angkut 509 pemudik Sepeda Motor, Lalu Lanjut ke Surabaya

Johan juga menyampaikan bahwa untuk mengamati Gerhana Matahari, disarankan tidak melihat objek secara langsung tanpa menggunakan filter khusus matahari. Misalnya teleskop khusus yang dilengkapi filter matahari, kamera DSLR lensa telephoto yang dilengkapi filter matahari, kamera pinhole (lubang jarum), dan kacamata khusus Gerhana Matahari.

Dilansir dari BRIN berikut lokasi dan jadwal Gerhana Matahari total dalam Gerhana Matahari Hibrida di Indonesia.

Lokasi dan Jadwal Gerhana Matahari Total

- Di Pulau Kisar, gerhana total akan terjadi pada 13.23.09 WIT.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: BRIN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah