Destinasi Domestik jadi Incaran Wisatawan Lokal Saat Libur Tahun Baru, Bandung dan Bali Termasuk Kota Favorit

- 28 Desember 2023, 15:10 WIB
Destinasi domestik jadi incaran wisatawan lokal liburan akhir tahun/Instagram@amankila
Destinasi domestik jadi incaran wisatawan lokal liburan akhir tahun/Instagram@amankila /

GALAJABAR - Perusahaan riset Populix mengeluarkan laporan tahunan dengan judul “End of Year Vacation Plan Report 2023” yang mengungkap bahwa destinasi domestik masih menjadi incaran wisatawan lokal untuk libur Tahun Baru.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, destinasi domestik masih menempati tujuan utama para wisatawan Indonesia untuk perjalanan liburan akhir tahun," ujar Co-Founder and COO Populix Eileen Kamtawijoyo dalam keterangan persnya. 

Eileen mengatakan , survei Populix menunjukkan mayoritas responden memilih Bali, Bandung, dan Yogyakarta sebagai destinasi akhir tahun, dengan minggu terakhir bulan Desember diperkirakan menjadi puncak aktivitas liburan.

Ia memperkirakan tingginya minat wisatawan berkunjung ke destinasi domestik dapat meningkatkan perekonomian kota-kota tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi  4 Tempat Wisata di Ancol untuk Libur Tahun Baru,  Harga Tiket Mulai 25 Ribu Saja

Oleh karena itu, para pengusaha lokal dan pemerintah kota perlu bersiap dengan baik dalam mengantisipasi peningkatan jumlah wisatawan di akhir tahun, terutama mengingat peningkatan jumlah infeksi COVID-19 dalam beberapa minggu terakhir, kata Eileen.

Hasil survei menunjukkan pada tahun 2023, 67% masyarakat Indonesia merencanakan perjalanan liburan di akhir tahun.

Antusiasme responden terhadap destinasi domestik masih tinggi, dengan Bali (28 persen), Yogyakarta (28 persen), dan Bandung (26 persen) masih menjadi kota wisata favorit mereka.

Destinasi luar negeri yang paling banyak dikunjungi wisatawan Indonesia saat ini adalah Jepang (22%), disusul Singapura (18%), Korea Selatan (14%), Malaysia (11%), dan Thailand (10%).

Baca Juga: Rekomendasi 6 Desa Wisata Destinasi Liburan Tahun Baru, Suasana Pedesaan yang Asri Cocok untuk Healing

Responden berencana pergi berlibur pada minggu ketiga bulan Desember, sedangkan mayoritas (41%) berencana melakukan perjalanan pada minggu keempat bulan Desember.

Halaman:

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah