Ganjar-Mahfud Ciptakan Lingkungan Hidup Berkelanjutan, Ini 7 Langkahnya

- 21 Januari 2024, 20:18 WIB
7 Langkah Ganjar-Mahfud Ciptakan Lingkungan Hidup Berkelanjutan
7 Langkah Ganjar-Mahfud Ciptakan Lingkungan Hidup Berkelanjutan /




GALAJABAR – Ganjar Mahfud terus menciptakan berbagai program yang sangat rasional untuk diaplikasikan nanti seandainya terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Seperti program Ganjar Mahfud mengenai lingkungan, menurutnya kondisi lingkungan hidup di Indonesia dan dunia saat ini menghadapi berbagai tantangan, antara lain perubahan iklim, hilangnya hutan (deforestasi), menyusutnya keanekaragaman hayati, punahnya hewan, pencemaran air, polusi udara, dan kelangkaan sumber daya alam.

Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meluncurkan 7 langkah konkret untuk menciptakan lingkungan hidup berkelanjutan. Langkah-langkah ini merupakan bagian dari komitmen Ganjar untuk mewujudkan Indonesia yang hijau, bersih, dan lestari.

Baca Juga: Gratis, Live Streaming Debat Keempat Pilpres di Pikiran Rakyat, Adu Gagasan Para Cawapres, Klik Link Ini

“Lingkungan hidup adalah aset yang sangat berharga bagi kita semua. Oleh karena itu, kita perlu menjaganya dengan baik. 7 langkah ini merupakan salah satu upaya kita untuk mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan,” kata Ganjar.

Berikut adalah 7 langkah konkret Ganjar-Mahfud untuk lingkungan hidup berkelanjutan:


1.    Kurangi emisi gas rumah kaca.

Langkah ini dilakukan dengan memelihara hutan, pemangkasan polusi udara dari emisi kendaraan dan industri, pembatasan penggunaan plastik, serta transisi energi menuju net zero emission (NZE).

2.    Harmoni Hutan untuk Keseimbangan
Moratorium deforestasi dan mempercepat reforestasi, reboisasi, restorasi, dan rehabilitasi. Meningkatkan konservasi kawasan hutan sebagai sumber pangan lokal, obat-obatan herbal, air, oksigen, fungsi klimatologis, dan layanan alam bagi kehidupan masyarakat di sekitar hutan.

3.    Pengelolaan Lingkungan Hidup Berkelanjutan
Revitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS), danau, pengembangan kota hijau, industri hijau, dan gerakan kesadaran gaya hidup bebas sampah, serta penerapan regulasi ketat terhadap perusakan lingkungan. Sehingga, indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) berada pada kisaran 74-76.

4.    Air untuk Rakyat
Mempercepat penyediaan air bersih yang merata di seluruh pelosok negeri melalui percepatan penyediaan sarana dan prasarana dasar air bersih/minum, penerapan teknologi pemurnian dan desalinasi, pengelolaan konservasi sumber daya air, dan penguatan infrastruktur daya tampung air serta pemanfaatan daur ulang air.

5.    Adaptasi dan Mitigasi Krisis Iklim
Penghijauan wilayah pesisir, ruang terbuka hijau memadai, mitigasi bencana, serta transportasi umum yang nyaman, aman, dan ramah lingkungan diikuti penerapan teknologi digital bagi petani dan nelayan.

6.    Penerapan ESG
Pengintegrasian penilaian risiko lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environmental, Social, Governance/ESG) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam sistem ekonomi dan sistem keuangan.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x