5 Negara dengan Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia, Ternyata Rusia Menempati Posisi Ini

- 28 Februari 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi bom atom./Pixabay
Ilustrasi bom atom./Pixabay /

GALAJABAR - Belakangan, senjata nuklir santer dibahas oleh dunia menyusul perang Rusia vs Ukraina. Melansir berbagai sumber, nuklir adalah senjata pemusnah massal yang mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya ledak yang sangat tinggi.

Senjata ini diyakini mampu menghancurkan sebuah kota atau bahkan sebagian dari sebuah negara. Tak heran bila penggunaan senjata nuklir sangat diawasi oleh dunia internasional dan tidak sembarang negara diperbolehkan memilikinya.

Penasaran negara mana saja yang memiliki nuklir terbanyak di dunia? Dikutip melalui Youtube Topik Militer, berikut daftarnya:

Baca Juga: Tampil di Forbes Indonesia, Setelan Nagita Slavina Sentuh 150 Juta Lebih!

1. Inggris
Seperti seluruh negara nuklir lainnya, Inggris mengatakan bahwa negaranya membutuhkan senjata nuklir untuk tujuan pertahanan diri. Pertahanan senjata nuklir Inggris disebut Trident. Untuk jumlahnya, The Three Lion ini diperkirakan memiliki 215 senjata nuklir mematikan. Untuk diketahui, sejak 2010 hingga 2015, Inggris berusaha mengurangi penggunaan nuklirnya.


2. Cina
Uji coba nuklir pertama di Cina dilakukan sejak 1964. Sama seperti India, Cina menyatakan tidak akan menggunakan nuklirnya untuk perang, kecuali negaranya lebih dulu diserang oleh nuklir. Namun tak dipungkiri selama ini banyak pihak yang ragu dan curiga terhadap Cina. Cina diperkirakan memiliki 280 senjata nuklir.

Baca Juga: 2 Miliarder Rusia Minta Putin Hentikan Serangan pada Ukraina dan Serukan Perdamaian

3. Prancis
Prancis mulai mengembangkan senjata nuklirnya pada perang dingin ketika Presiden Charles de Gaulle percaya bahwa Prancis membutuhkan pertahanan yang independen dari Amerika dan NATO.

Saat itu, Charles khawatir bahwa tidak ada dari dua kekuatan tersebut yang akan membela Prancis jika sewaktu-waktu Uni Soviet atau musuh lainnya menyerang. Sejak saat itu sampai sekarang, Prancis diperkirakan memiliki 300 senjata nuklir.


4. Amerika Serikat (AS)
AS dibawa pada era nuklir oleh Presiden Franklin Delano Roosevelt pada 1942, ketika militer AS meluncurkan Proyek Manhattan yang berujung pada peledakan bom nuklir pertama. Untuk jumlahnya, AS diperkirakan memiliki 6.450 senjata nuklir.

Baca Juga: Israel 'Ikut Campur' Kutuk Rusia Gegara Serang Ukraina: Pelanggaran Berat Ketertiban Internasional

5. Rusia
Sebagai negara pemenang Perang Dunia II, Rusia hingga saat ini masih menjadi negara dengan senjata nuklir terbanyak di dunia.

Rusia khawatir jika militernya akan lebih lemah daripada NATO, yang mencakup banyak negara Eropa.

Karena hal itulah, Rusia terus mengembangkan senjata nuklir dan diperkirakan memiliki 7.000 senjata nuklir. ***

Editor: Noval Anwari Faiz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah