Ucapan Doa Idul Fitri yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW, Jangan Sampai Salah Ya

- 20 April 2023, 18:40 WIB
Ilustrasi - Ucapan Doa Idul Fitri yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW, Jangan Sampai Salah Ya.
Ilustrasi - Ucapan Doa Idul Fitri yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW, Jangan Sampai Salah Ya. /Pexels.com/@Yusuf Miah

GALAJABAR - Idul Fitri atau lebaran tak lepas dari ucapan doa yang disampaikan oleh sesama umat Islam. Tapi, tahukah Anda seperti apa ucapan doa Idul Fitri yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW?

Umat Islam di Indonesia bakal segera merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah atau lebaran 2023. Muhammadiyah sudah menetapkan 1 syawal 1444 H pada Jumat, 21 April 2023.

Sedangkan pemerintah dan sejumlah ormas Islam lain seperti NU dan Persis, kemungkinan menetapkan 1 syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023.

Baca Juga: Contoh Teks KHUTBAH IDUL FITRI 1444 H: Meminta Maaf kepada Orang Tua

Baca Juga: One Way Tol Cipali-Kalikangkung Semarang Diperpanjang hingga 20 April 2023 Dini Hari

Di Indonesia, biasanya, Hari Raya Idul Fitri ini identik dengan ucapan Minal Aidin Wal Faizin. Ucapan ini sudah sangat melekat di masyarakat Indonesia sejak masa yang lama.

Sebenarnya, ucapan Minal Aidin Wal Faizin ini bukanlah doa ucapan selamat idul fitri yang tepat. Masih ada doa Hari Raya Idul Fitri yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Salafus Salih

Ucapan Minal Aidin Wal Faidzin bukanlah bermakna mohon maaf lahir dan batin. Kata Min artinya 'termasuk', Al-aidin artinya 'orang-orang yang kembali', Wal Artinya 'dan', serta Al-faizin Artinya 'menang'.

Jika dimaknai secara harfiah, kalimat Minal Aidin wal Faizin dalam bahasa Indonesia menjadi Termasuk dari orang-orang yang kembali sebagai orang yang menang.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah