6 Indikator Bangkitnya Pariwisata di Jawa Barat Menurut Ridwan Kamil: Tahun 2022 Targetkan 40 Juta Wisatawan

- 16 Februari 2022, 10:37 WIB
  Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menghadiri West Java Calender Of Event 2022 di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (15/2/2022). (Rizal FS/Biro Adpim Jabar).
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menghadiri West Java Calender Of Event 2022 di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (15/2/2022). (Rizal FS/Biro Adpim Jabar). /

GALAJABAR - Pemprov Jabar menargetkan tingkat kunjungan wisatawan ke Jabar pada tahun 2022 mencapai 40 jutaan wisatawan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis 2022 merupakan tahun pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Ia berharap di tahun ini kunjungan wisatawan  terus mengalami kenaikan seperti masa kejayaan wisatawan Jabar pada 2018. Hal ini dikatakan Ridwan Kamil saat menghadiri acara West Java Calender of Event 2022 di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa 15 Februari 2022.

"Semoga sumbangan pariwisata Jawa Barat di tahun 2022 bisa meningkat. Target kita antara 36 juta sampai 40 juta wisatawan. Mudah-mudahan terus meningkat, sehingga sampai ke level yang dulu pernah di puncak kejayaan tahun 2018, sekitar 60 jutaan," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Erick Thohir: Kehilangan Sosok Bunda yang Sangat Disayangi

Ada beberapa indikator yang membuat dirinya optimistis sektor pariwisata bisa bangkit dan meraup banyak wisatawan. Pertama,  jika pandemi Covid-19 akibat Omicron segera melandai.

Kedua adalah pertumbuhan ekonomi Jabar  kini sudah mulai kembali "rebound". Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Jabar tumbuh sebesar 3,74 persen atau membaik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mengalami kontraksi 2,52 persen (year on year/yoy).

"Ekonomi kita sudah tumbuh di atas tiga persen. insyaallah, varian Omicron terkendali, dan tingkat keterisian rumah sakit (Bed Occupancy Rate/BOR) tidak terlalu tinggi per harinya, hanya 20 persenan," tutur pria yang kerap disapa Kang Emil.

Baca Juga: Kabar Duka! Dorce Gamalama Meninggal Dunia di Usia 58 Tahun Usai Terkonifrmasi Positif Covid-19

Oleh karena itu Kang Emil mengajak semua pihak untuk sama-sama memajukan pariwisata Jabar. Misalnya, dari sisi masyarakat umum, Ridwan Kamil mengajak untuk kembali berwisata ke Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah