Titik Banjir di Bandung Merosot dari 23 Jadi 7 Titik, Program Mapag Hujan Digencarkan di Bulan Oktober

- 29 September 2023, 19:04 WIB
Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono.
Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono. /Humas Kota Bandung/

 


GALAJABAR - Sejumlah sungai dan saluran air di Kota Bandung segera dibersihkan menjelang tibanya musim hujan. Pembersihan sedimentasi ini dilakukan melalui program Mapag Hujan.

Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di sejumlah titik di Kota Bandung, yang biasa terjadi di musim hujan.

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, Pemkot Bandung telah melakukan berbagai kegiatan untuk memitigasi banjir di Kota Bandung. Dari data yang ada, jumlah titik banjir di Kota Bandung terus menurun dari tahun ke tahun.

"Saya dapat laporan dari Bapelitbang Kota Bandung bahwa tahun 2020 area banjir atau titik banjir kita itu ada 21, nah tahun 2023 ini hanya tinggal 7," kata Bambang saat memimpin Rapat Koordinasi Menjelang Musim Penghujan (Mapag Hujan) di Ciko Arena 5 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal, Jumat 29 September 2023.

Baca Juga: Darurat Sampah Kota Bandung, Pemuda Pancasila Siap Turun Tangan

Bambang pun mengajak seluruh stakeholder untuk bersama menyukseskan kegiatan Mapag Hujan yang akan digulirkan pada Oktober 2023 mendatang.

Bambang pun mengajak semua warga Kota Bandung ikut terlibat dalam kegiatan bebersih ini. Menurut rencana kegiatan Mapag Hujan akan dilakukan pada 9-31 Oktober.

"Pemerintahan ini tidak bisa kita berjalan sendiri, kita mesti bareng-bareng. Kita harus lebih efektif untuk bisa menyikapi isu lingkungan. Mudah-mudahan dengan semangat bapak dan ibu sekalian agenda hujan ini menjadi sebuah pemanfaatan buat kita," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, Mapag Hujan akan difokuskan dengan bebersih sungai dan saluran air. Hal ini merupakan upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat musim hujan tiba.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah