Mahfud MD: Food Estate Program Gagal, Merusak Lingkungan

- 22 Januari 2024, 13:29 WIB
Mahfud MD cawapres no urut 3
Mahfud MD cawapres no urut 3 /

 

GALAJABAR - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md menyebut proyek food estate yang digadang-gadang pemerintah saat ini sebagai proyek gagal. Sebagai dampak dari proyek tersebut, lingkungan malah menjadi rusak.

Dalam proyek ini, Mahfud menyatakan Indonesia mengalami kerugian. Alam sudah terlanjur rusak, namun proyeknya gagal.

“Jangan misalnya seperti food estate yang gagal dan merusak lingkungan. Yang benar saja. Rugi dong kita," kata Mahfud Md dalam debat cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Plenary Hall Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu 21 Januari 2024 malam.

Baca Juga: Turun Lagi, Harga Emas Antam Senin 22 Januari 2024 Turun Rp1.000, Cek Kembali Daftar Harganya

Mahfud yang mengenakan kemeja hijau juga menyoroti masalah kedaulatan pangan. Padahal, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Sebagai negara agraris, sektor pertanian Indonesia juga dinilainya belum berdaulat. Yang juga memprihatinkan, di saat jumlah petani dan lahan yang semakin sedikit, subsidi pupuk justru semakin besar.

Atas sejumlah fakta tersebut, pasangan Ganjar Pranowo ini pun menyatakan jika ada yang salah dalam pengelolaan sektor ini.

"Sumber daya alam kita kaya, tapi pangan belum berdaulat, lahan pertanian sedikit tapi subsidi pupuk makin besar, dan nilainya tiap tahun naik,” kata Mahfud.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x