100 Desa Wisata dari Majalengka Ikut ADWI 2022, Sandiaga Uno: Jadi Daya Ungkit Ekonomi dan Lapangan Kerja

- 7 Maret 2022, 12:32 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno.
Menparekraf, Sandiaga Uno. /Instagram @sandiuno

GALAJABAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelasakan adanya desa wisata menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan terbukanya lapangan kerja.

Oleh sebab itu, ia menargetkan 100 desa wisata dari Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (Jabar), dapat berpartisipasi dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Sehingga kehadiran desa wisata dapat benar-benar menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan terbukanya lapangan kerja,” kata dia saat melakukan visitasi ADWI 2022 di Desa Wisata Bantaragung, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, sebagaimana dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Hut Satpol PP: Ridwan Kamil Sebut Ketenteraman Tunjang Kelancaran Pembangunan di Jawa Barat Ada Peran Satpol

Dia optimis, desa-desa wisata di Jabar akan mampu menghadirkan peluang bagi masyarakat mengingat provinsi tersebut dianugerahi dengan potensi keindahan alam serta produk ekonomi kreatif yang beragam.

Contohnya ialah di Desa Wisata Bantaragung yang memiliki ragam potensi, seperti Ciboer Pass, Curug Cipeuteuy, dan Bukit Semar.

Selain itu juga memiliki potensi Burujul Sunrise Point (terasering) yang dikelilingi pegunungan seperti Gunung Jajar Sinapeul di bagian Utara dan Gunung Ciremai di bagian Selatan.

Baca Juga: CATAT! Begini Cara Pendaftaran SMUP Sarjana Jalur Mandiri dan Sarjana Terapan di Unpad

"Hamparan sawahnya mirip di Bali. Dan tentu harapannya juga ada pencak silat di sini agar terus dikembangkan ke depan dengan kolaborasi bersama," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga melihat adanya sawah yang masih dibajak secara tradisional. Baginya, hal ini harus dilestarikan agar Indonesia memiliki desa wisata yang berdaya saing, berkelas dunia, dan berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah